DPKPB: Puluhan Kebarakan Hutan dan Lahan Terjadi di Purwakarta

Karhutla di Purwakarta./Foto: Rmol

Karhutla di Purwakarta./Foto: Rmol


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA–┬áKebakaran hutan dan lahan seluas 335 hektar terjadi di┬áKabupaten Purwakarta lantaran kemarau yang berkepanjangan.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta juga mencatat ada 89 kasus kebakaran rumah penduduk di Purwakarta, dalam kurun waktu sembilan bulan terakhir.

“Selain kebakaran hutan, juga kebakaran di permukimnan, dan terjadi 89 kasus kebakaran rumah penduduk,” ujar Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibiesono, kepada awak media, belum lama ini.

Menurutnya, karhutla terjadi di 15 Kecamatan, dan terluas di Kecamatan Sukatani, yakni seluas 66 hektar, dan di Bungursari seluas 61 hektar.

Ia juga menyebutkan intensitas kebakaran karhutla di Purwakarta pada musim kemarau 2019 cukup tinggi, yakni terjadi 150 kasus hingga akhir September. Areal hutan yang seluas 335,09 hektare, berupa hutan ilalang milik Perhutani.

Kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Purwakarta, juga telah mengakibatkan seorang warga meninggal. Rasman (60) yang sedang mencari kayu bakar, meninggal setelah terkepung kobaran api, saat kebakaran di Bungursari beberapa waktu lalu.

Selain kebakaran hutan dan permukiman, kemarau yang menyengat sekarang ini juga mengakibatkan krisis air bersih di 12 kecamatan di Purwakarta.

Pihaknya telah memasok air bersih lebih kurang 500 ribu liter bagi 50.487 jiwa, dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami catat ada 15 desa tersebar di 12 kecamatan, yang mengalami krisis air bersih, pada musim kemarau sekarang ini,” demikian Wibiesono.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds