Setelah Abdul Karim, Disnaker Kabupaten Purwakarta Urus Kepulangan Tuti

Abdul Karim, TKI yang sakit saat dijemput di Bandara oleh Pemkab Purwakarta.

Abdul Karim, TKI yang sakit saat dijemput di Bandara oleh Pemkab Purwakarta.


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Setelah berhasil memulangkan TKI yang terlantar di Arab Saudi atas nama Abdul Karim, Disnaker Kabupaten Purwakarta kembali beruapaya memulangkan TKW asal Maniis Purwakarta, Tuti Nurhayati dalam laman facebook dirinya curhat kepada presiden keinginan untuk kembali ke Indonesia.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya sudah mengintruksikan Disnaker Purwakarta untuk membantu kepulangan Tuti, sebelumnya dirinya meminta agar Abdul Karim agar dibantu.

“Dapat laporan hari itu juga saya minta intruksikan untuk membantu mengurus,bahkan pak abdul karim kemarin sudah tiba di Indonesia,” jelas Anne di Purwakarta. Kamis (5/9).

Anne pun mengatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi TKW yang kesulitan untuk pulang, akan tetapi hal tersebut berlaku kepada TKW yang berangkat sebelum dikeluarkannya moratorium yang diberlakukan sejak 2008.

“Wajib fasilitasi tapi yang berangkatnya sebelum moratorium diberlakukan,kan pemda sudah sejak lama keluarkan aturannya dan hari ini tetap berlaku,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Disnaker Purwakarta, Titov ketika dihubungi melalui sambungan teleponnya. Pihaknya selain mengurus kepulangan Abdul Karim juga sedang melakukan penulusuran Tuti bahkan sudah berkordinasi dengan KBRI, Konsulat Jendral di Jeddah.

“Untuk yang bu tuti tim sedang melakukan penelusuran terutama posisinya dimana,langsung kordinasi dengan KBRI dan Konsulat disana” jelasnya.

Adapun dilakukan penulusuran, termasuk awal mula video tersebut itu muncul menurutnya hal itu perlu dilakukan guna cek dan ricek serta kebeneran informasi tersebut.

“Kita cek ricek dulu,ternyata yang memegang akun tersebut anakanya, kita sedang kumpulkan data – data setelah itu kita hubungi BNP2TKI dan pihak KBRI Jeddah untuk mengurus kepulangannya,” katanya.

Untuk kondisi Abdul Karim, kini sudah berada di Indonesia, tetapi belum bisa pulang ke rumahnya karena harus menunggu pemeriksaan dari Rumah Sakit Polri, selain itu dirinya juga meminta agar pihak Dinas Kesehatan untuk membuatkan BPJS.

“Untuk pak Abdul Karim alhamdullilah sudah pulang, hanya saja saya minta Dinkes Purwakarta untuk segera membuatkan BPJS untuk beliau,” katanya.

Sebelumnya baik Tuti dan Abdul Karim, TKI asal Purwakarta viral di jagad sosial media. Bahkan dalam video berdurasi 50 detik tersebut Tuti TKW asal Maniis meminta tolong kepada Presiden Jokowi untuk dipulangkan setelah 11 Tahun bekerja.

(adw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds