Bus Sekolah di Purwakarta Beroperasi di Wilayah Terpencil

Bus sekolah yang beroperasi di Kecamatan Maniis dan Sukasari tengah parkir.

Bus sekolah yang beroperasi di Kecamatan Maniis dan Sukasari tengah parkir.

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Untuk memudahkan pelajar menuju ke sekolah khususnya di wilayah terpencil. Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan telah menyediakan armada bus sekolah.

Saat ini sudah ada lima armada berjenis mikro bus yang setiap harinya beroperasi mengantar dan menjemput anak sekolah. Armada tersebut juga dialokasikan untuk menekan penggunaan kendaraan bermotor oleh pelajar ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto mengatakan, keberadaan bus tersebut salah satu bagian implementasi pendidikan berkarakter, serta bertujuan untuk menekan angka penggunaan kendaraan bermotor di kalangan siswa yang belum cukup umur.

”Sudah lama, kita keluarkan larangan pelajar di bawah umur bawa kendaraan ke sekolah. Karena, resikonya sangat tinggi adanya armada ini salah satunya untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor ke sekolah,” kata Purwanto, Senin (25/3/19).

Pelarangan penggunaan kendaraan bermotor oleh pelajar tersebut bukan serta merta tanpa solusi. Pihaknya berupaya untuk mengimbangi dengan adanya solusi. Khususnya di wilayah terpencil yang belum ada akses kendaraan umum.

”Bus sekolah itu, kini ada di lima wilayah, diantaranya, di Kecamatan Maniis dan Sukasari,” ujarnya.

loading...

Feeds