Blanko Aman, Disdukcapil Purwakarta Cetak 500 KTP Perhari

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Bagi anda yang mau membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) nampaknya tidak usah khawatir kehabisan blanko.

Pasalnya Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta nyatakan ketersediaan blanko untuk pembuatan KTP-el saat ini aman.

Didi Supriadi, Bagian Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Purwakarta mengatakan, pihaknya setiap hari mencetak 500 KTP-el.

“Perhari Senin kemarin, ada 2.500 blanko KTP-el yang turun, yang cukup untuk hanya 5 hari, kemarin Kamis ada kendala pemeliharaan jaringan jadi tidak cetak, jadi hari Senin masih ada 500 keping blanko,” terangnya.

Dia juga mengatakan, untuk pengajuan blanko tersebut seminggu sekali ke pusat. Sedangkan sebanyak 2.500 perminggu akan turun ke kabupaten.

“Kalau ditargetkan sesuai kebutuhan tidak masuk. Kalau ditotalkan dari bulan Januari sampai sekarang sudah ada 98 ribu KTP elektronik tercetak,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setiap tahun kebutuhan Purwakarta hanya 30 ribu juga cukup. Tapi ada perubahan status seperti gelar pendidikan, gelar keagamaan, perubahan status nikah atau duda/janda yang menyebabkan banyak kebutuhan di luar pembuatan baru KTP-el.

“Cuma blanko KTP elektronik saja yang masih kurang optimal, yang lainnya sudah terpenuhi seperti blanko akta kelahiran. Kita prioritaskan, 70 persen pertama kali mencetak dan 30 persen yang pertama kali mencetak,” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau masyarakat tidak perlu cemas, segala kebutuhan akan diakomodir, kalaupun tidak ada blanko pihaknya akan terbitkan suket.

(RK/ris/pojokjabar)

loading...

Feeds