Categories: Purwakarta

Jumlah Pemohon Pembuatan KTP-el di Purwakarta Masih Stabil

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Meski pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, tinggal menghitung bulan. Namun jumlah pemohon pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) masih relatif stabil.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Sulaeman Wilman saat menyoroti perkembangan pembuatan KTP-el di Purwakarta.

“Untuk jumlah permintaan, stabil dengan tren yang masih sama di luar tahun politik,” ujarnya.

Menurut Wilman, dari data terkini jumlah warga yang sudah melakukan perekaman data, namun belum mendapatkan blanko KTP berjumlah sekitar 51 ribu orang.

“Terakhir kita dapat blanko dari Kemendagri untuk 4 ribu KTP. Masih ada 51 ribu yang belum dapat,” katanya.

Dari jumlah 51 ribu orang tersebut, sekitar 11 hingga 12 ribu orang adalah warga berusia 17 tahun yang baru pertama kali melakukan perekaman KTP-el.

Sedangkan sisanya, sekitar 39 ribu orang adalah pemohon pembuatan KTP-el karena ada perubahan status, alamat, kehilangan KTP maupun yang KTP-nya rusak.

“Kalau sudah ada lagi blankonya, warga yang baru 17 tahun dan pertama kali melakukan perekaman data KTP-el ini yang bakal diberikan duluan atau diperioritaskan KTP-nya,” ucapnya.

Alasan pemberian prioritas tersebut, mengingat warga yang berusia 17 tahun adalah warga Purwakarta, bukan pendatang seperti pemohon KTP dengan alasan lainya.

Namun, menurut Wilman tetap saja warga yang melakukan permohonan karena hilang, perubahan data, status dan lainya tetap mendapatkan porsi sebesar 40 persen dari pembuatan KTP-el.

“Ada skala prioritas. Yang selain pemohon karena alasan telah beranjak ke usia dewasa 17 tahun tetap dapat jatah sebanyak 40 persen dari total pemohon,” jelasnya.

(RK/gan/pojokjabar)

Iwan Gunawan

Share
Published by
Iwan Gunawan
Tags: Disdukcapil Kabupaten PurwakartaE-KTPkabupaten purwakartaktp-elpelayanan e-ktppembuatan e-ktp

Recent Posts

  • Sukabumi

Konsleting Listrik, Rumah di Jampangkulon Hangus Terbakar

Memasuki, musim penghujan tak membuat kasus kebakaran hilang begitu saja. Buktinya, satu rumah di Kampung Neglamekar, Rt (7/5), Desa Tanjung,

12 Desember 2019 15:11 WIB 15:11
  • Bandung

Kapolda Jabar Dapat Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Kapolri

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi di anugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama.

12 Desember 2019 15:07 WIB 15:07
  • Priangan

Nenek Walsiah yang Hilang di Gunung Pasir Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Tim Basarnas Kantor SAR Bandung berhasil menemukan seorang nenek usia 65 tahun atas nama Walsiah, yang hilang di gunung pasir…

12 Desember 2019 15:04 WIB 15:04
  • Bandung

Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar Imbau Pemudik

Polda Jabar terus menyiapkan pengamanan menjelang natal dan tahun baru (nataru). Ditlantas Polda Jabar melakukan persiapan dengan pemantauan di jalan…

12 Desember 2019 14:44 WIB 14:44
  • Bekasi

Induk Lutung Jawa Muaragembong Mati Kelaparan, Habitatnya Terancam

POJOKJABAR.com, BEKASI - Populasi Lutung Jawa di Kampung Muarabendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong terus terancam. Saat ini jumlahnya tidak…

12 Desember 2019 14:38 WIB 14:38
  • Bogor

STIE Kesatuan Bogor Berubah Nama Menjadi IBIK

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bogor melakukan perubahan nama atau branding. Dimana STIE yang berada di Ja bernama Institute…

12 Desember 2019 14:34 WIB 14:34