Seru, Begini Perayaan Tahun Baru Islam 1440 H di Purwakarta

Perayaan tahun baru Islam 1440 H di Purwakarta, Selasa (11/9/2018) malam./Foto: Ade

Perayaan tahun baru Islam 1440 H di Purwakarta, Selasa (11/9/2018) malam./Foto: Ade

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Malam tadi (Selasa, 11/9/2018) ratusan warga masyarakat tumplek merayakan tahun baru Islam 1440 Hijriyah.

Kegiatan tersebut dilakukan di pertigaan jalan dengan cara mengelar tikar di sepanjang pertigaan jalan.

Kemudian ditengah-tengahnya ada berbagai hidangan dari mulai bebetian (buah-buahan), tumpeng dan berbagai penganan lainnya. Semua itu untuk dihidangkan dan dimakan bersama-sama dengan masyarakat yang hadir di lokasi.

“Acara ini rutin dilakukan saat memasuki 1 Muharam, sebagai bentuk syukuran bahwa kita memasuki tabun baru Hijriyah,” ujar Edin, kepala Desa Wanawali yang hadir di lokasi.

Sementara itu menurut Camat Kecamatan Cibatu, Diaudin, kegiatan budaya syukuran pendak tahun Hijriyah tersebut perlu dilestarikan.

Apalagi di dalamnya sarat dengan makna untuk bersyukur kepada sang pencipta.

“Budaya ini perlu dilestarikan, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai islami yang sangat religius. Di samping bentuk syukur nikmat kepada Allah Swt, juga masyarakat bisa bersatu saling bersilaturrahmi dalam satu ikatan kegiatan ‘Pendak Taun Hijriyah,” ujar Diaudin.

Selain itu, masyarakat juga bisa berbagi bersama-sama dari hasil bumi yang mereka hasilkan.

Sehingga satu dan lainnya bisa merasakan dan menikmati hasil bumi yang berlainan.

“Harus dilestarikan budaya seperti ini, sangat bagus. Karena baru kali ini saya menghadiri acara di gelar di ruang terbuka, disepanjang jalan dengan duduk bersama-sama,” tambah Camat Cibatu.

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds