Jalan Pasirmunjul Sukatani Kabupaten Purwakarta Amblas, Akses Warga Terhambat

PASANG GARIS POLISI : Anggota Polsek Sukatani bersama warga saat memasang garis polisi di jalan yang amblas.

PASANG GARIS POLISI : Anggota Polsek Sukatani bersama warga saat memasang garis polisi di jalan yang amblas.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Bencana alam kembali terjadi di Desa Pasirmunjul Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta. Kali ini jalan cor beton penghubung antar kampung mengalami amblas akibat kontur tanah lapisan bawah labil.

Petugas kepolisian dari polsek setempat pun terpaksa memasang garis polisi agar para pengendara yang melintas tidak terperosok.

Dari pantauan Radar Karawang di lokasi kejadian, amblasnya sekitar 2.5× 4 M2 menimbulkan lubang menganga cukup besar. Hal ini mengakibatkan akses jalan untuk kedaraan roda 4 sempat terputus.

”Dari keterangan warga sekitar amblasnya terjadi saat malam hari,” ujar Kapolsek Sukatani AKP Budiharto Selasa (11/9).

Akibat insiden itu, roda perekomian warga di sejumlah kampung di desa setempat terhambat. ”Untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita pasang garis polisi,” ujar Kapolsek di lokasi kejadian.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Pasirmujul Kecamatan Sukatani M Hilman Nurzaman, membenarkan adanya kejadian amblasnya jalan tersebut. ”Kami dari pemerintah desa sudah melaporkan peristiwa ini ke pihak kecamatan dan dinas terkait,” kata Kades.

Ia menerangkan, jika bencana alam kerap terjadi di wilayahnya, terlebih saat musim penghujan datang. ”Kemarin juga tanah tebing di Sukamulya ambrol, tapi Alhamduliah tidak menelan korban jiwa,” katanya.

Menurutnya, beberapa wilayah di Desa Pasirmunjul memiliki karakteristik tanah labil dan sering longsor. Karena jenis tanahnya adalah tanah lempung yaitu saat terkena panas akan seperti pasir dan saat hujan mudah terbawa arus air.

”Upaya kita saat ini adalah mencegah peristiwa serupa terjadi. Sementara karena jalannya amblas, kita upayakan untuk membenahi agar akses jalan tidak terhambat,” pungkasnya.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds