Dolar Naik, Harga Pakan Ayam di Kabupaten Purwakarta Ikut Naik

CEK TERNAK : Lili, peternak ayam petelur tengah mengecek ayam yang ada dalam kandang. GANI/RADAR KARAWANG

CEK TERNAK : Lili, peternak ayam petelur tengah mengecek ayam yang ada dalam kandang. GANI/RADAR KARAWANG

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Para peternak ayam petelur di Kabupaten Purwakarta galau. Penyebabnya, harga pakan ternak terus mengalami kenaikan sementara harga jual telur tetap.

Lili Supriayadi (35), salah satu peternak ayam petelur asal Desa Cicadas Kecamatan Babakancikao mengatakan, kenaikan harga pakan ini terjadi sejak satu pekan terakhir. Meski kenaikannya tidak siginifikan, namun menurutnya berpengaruh terhadap keuntungan hasil penjualan telur.

“Harga normal Rp5.387/Kg, sekarang harga pakan Rp5.537/Kg, memang sedikit tapi jika kali banyak kan lumayan, dan kenaikan ini terjadi sejak satu pekan terakhir,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi ini sangat merugikan para peternak. Sebab harga pakan naik sementara nilai jual ayam petelur tidak berubah, yaitu berada di Rp22.000/Kg.

Ia mengaku membeli pakan 20 hari sekali sebanyak 1 ton, pakan itu untuk 850 ayam petelur yang dimilikinya. “Rugi sekali, penghasilan saya menjadi turun,” keluh dia.

Saat ditanya kondisi ini dipengaruhi terhadap kenaikan harga dolar, ia mengatakan bisa terjadi, sebab bahan baku pakan kemungkinan diimpor dari luar negeri.

“Mungkin saja pabrik tempat saya membeli pakan di Cirebon bahan bakunya diimpor dari luar negeri, tapi saya tidak tahu pasti,” katanya.

Tak hanya pakan ayam petelur, kenaikan juga terjadi terhadap pakan ikan emas.

“Pakan ikan memang naik sejak satu pekan terakhir, harga normal Rp7.100/Kg dan sekarang harga pakan Rp7.350/Kg,” ujar salah satu petani ikan emas asal Desa Cibogogirang Kecamatan Plered, Ade Sanim (27).

Ia mengatakan, dirinya terpaksa menaikan harga penjualan terhadap konsumen. Hal itu dia lakukan agar tidak merugi. “Yah saya naikan saja, dari pada saya rugi, sekarang saya menjual ikan emas Rp27.000 /Kg, dari harga sebelumnya Rp18.000 /Kg,” pungkasnya.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …