Blanko KTP-el Kosong, Disdukcapil Purwakarta Keluarkan 50 Ribu Suket

Ilustrasi blangko e-KTP .

Ilustrasi blangko e-KTP .

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Tidak adanya blanko pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) menyebabkan jumlah pembuat surat keterangan membludak. Surat keterangan tersebut, bisa dijadikan pengganti KTP-el selama pencetakan belum selesai.

Ketua Korwil Kecamatan Disdukcapil Purwakarta Mulyana, mengatakan surat keterangan artinya seseorang sudah melakukan perekaman KTP.

”Rata-rata masyarakat yang sudah mendapat surat keterangan mencapai 80 sampai 100 orang,” terang dia, kepada wartawan.

Dia juga mengatakan, pembuatan surat keterangan tersebut meliputi perubahan adiministrasi kependudukan kaitan dengan status alamat dan perubahan data.

”Yang paling rentan KTP elektronik yang ada masa berlakunya dan menuntut untuk diganti. Cetakan awal 2015 kan ada masa berlakunya,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pengajuan perubahan masa berlaku, KTP elektronik diabaikan saja.

”Ada surat edaran dari Kemendagri untuk untuk mengantisipasi hal tersebut, jadi tidak berpengaruh hanya saja kalau ada keperluan yang mendesak, bisa dibuatkan suket sebelum pergantian masa berlaku,” tukas dia.

Sementara Bagian Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK) Didi Supriadi mengatakan, untuk permohonan KTP elektronik saat ini paling banyak dalam perubahan status, seperti gelar keagamaan, gelar sarjana, dan status nikah.

”Sudah 87 ribu, itu juga karena tidak ada blanko. Ketergantungan kita ke pusat tinggi.

Kalau suket berlakunya hanya 6 bulan. Dari akhir bulan Juni sampai dengan Agustus, ketersediaan blanko 0 saat ini, maka dikeluarkanlah suket, sekitar 50.000 sudah keluar,” pungkasnya.

(RK/ris/pojokjabar)


loading...

Feeds