51 Ribu E-KTP Belum Tercetak, Disdukcapil Kabupaten Purwakarta Kekurangan Blanko

Ilustrasi blangko e-KTP .

Ilustrasi blangko e-KTP .

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Ribuan Warga Kabupaten Purwakarta masih belum menerima fisik KTP elektronik dari dinas terkait. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), saat ini masih mengalami keterbatasan keping fisik untuk kebutuhan cetak salah satu keperluan administrasi warga itu.

Akibatnya, puluhan ribu warga ini terpaksa masih harus menggunakan surat keterangan (suket) berupa bukti perekaman e-KTP sebagai kartu identitas sementara.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Sulaiman Wilman mengatakan, kekurangan ini akumulasi kekurangan mulai dari pemohon baru, pengganti e-KTP yang hilang dan rusak serta perubahan data.

”Ada sekitar 51 ribu orang yang menggunakan suket, jumlah itu merupakan akumulasi dari tahun ke tahun. Mereka mayoritas pemohon perubahan data, bukan pemohon baru,” ujar Sulaiman.

Mengetahui hal itu, pihaknya telah mengajukan kekurangan blangko e-KTP ini ke Kemendagri, namun hingga saat ini tak kunjung turun. Kekosongan di tingkat pusat ini terjadi karena nilai tukar rupiah terhadap dolar merosot. Sehingga pemenang tender fisik e-KTP mengurungkan pembuatannya karena akan mengalami kerugian.

”Informasi dari pusat, ini karena pemenang tender menolak meneruskan kerja samanya di saat nilai tukar rupiah terhadap dolar menurun,” ungkap dia.

Untuk meminimalisir kekurangan e-KTP, pihaknya meminjam ke daerah lain seperti ke Disdukcapil Kabupaten Karawang. Namun, jatah pinjaman hanya di batasi sebanyak 2.000 eksemplar.

”Selain diberikan suket, kami memberikan solusi dengan meminjam ke daerah lain. Namun jatah pinjaman tidak sebanding dengan kekurangan,” jelas Sulaiman

Padahal, dalam sehari instansinya paling minimal mencetak e-KTP sebanyak 500 eksemplar. Pencetakan 500 eksemplar itu, jika dibagi dengan luas wilayah, ada 192 desa dan kelurahan, maka asumsinya satu desa yang bisa dicetak e-KTP hanya lima eksemplar.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds