Rumah dan Pakaian Tak Tersisa, Mak Icih Selamat dari Amukan Si Jago Merah

HABIS: Puing-puing rumah milik Icih (65), warga Kampung Cibentar, Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta yang terbakar. Gani/Radar Karawang

HABIS: Puing-puing rumah milik Icih (65), warga Kampung Cibentar, Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta yang terbakar. Gani/Radar Karawang

Cari Aman


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Prihatin, melihat kondisi janda tua, Icih (65), warga Kampung Cibentar, RT 21 RW 06, Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Pasalnya, rumah berikut barang berharga miliknya ludes dilahap si jago merah. Kini, Mak Icih pun terpaksa mengungsi di rumah tetangga terdekat.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jumat (31/8) lalu sekitar pukul 17.50 WIB saat Icih berada di rumah. Api diduga berasal dari arus pendek listrik yang kemudian dengan cepat membesar lalu membakar seluruh bangunan yang hampir seluruhnya berbahan kayu.

Beruntung Mak Icih berhasil selamat dari amukan api meski barang berharga miliknya tak tersisa. Emak Icih, mengakupascakebakaran, rumah yang ditinggalinya sendirian itu hangus tak bersisa. Berbagai barang berharga pun tak bisa diselamatkan.

“Semuanya habis terbakar, surat–surat penting, dan harta benda lainnya ikut terbakar. Bahkan pakaian pun hanya tinggal

yang saya pakai saja. Jelas ini membuat saya trauma,” ujar Emak yang bekerja sebagi buruh tani, Sabtu (1/9).

Janda tua itu saat ini mengharap kan rumah panggung ukuran 5×7 meter yang dihuninya selama bertahuntahun bisa dibangun lagi. Untuk sementara dirinya tinggal di rumah saudaranya.

“Saya tak punya uang untuk beli pakaian, apalagi bangun rumah. Semoga ada perhatian pemerintah membangunnya kembali dan mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Mendapat kabar tersebut, Pejabat Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso langsung menginturksikan stafnya untuk memberikan bantuan terhadap janda tua itu.

’Bantuan dari pemerintah daerah sifatnya darurat dan sementara, untuk membantu meringankan duka Ibu Icih,” ujar Taufiq, melalui selulernya, Minggu (2/9).

Tak sekadar tali asih, pemerintah juga memikirkan untuk membangun ulang tiga rumah tersebut.

”Dengan adanya santunan ini, semoga dapat sedikit meringankan beban Ibu Icih yang mengalami musibah kebakaran. Untuk rumahnya, akan disurvei Dinas Tata Ruang dan Pemungkiman (Distarkim), kesra dan CamatS ukatani, mudah-mudahan bisa segera dibangun,’’ kata Taufiq.

Sementara, Suherman (55) tokoh masyarakat setempat, mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso yang dengan cepat merespon musibah yang dialami tetangganya itu.

”Alhamdulillah, saya atas nama tokoh masyarakat, Ketua RT, RW dan Bamusdes Desa Cianting mengucapkan terimakasih kepada, pak Penjabat Bupati Purwakarta atas bantuan yang telah diberikan,” ujar pria yang akrab disapa Maman itu.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds