Ini Penyebab Ratusan Jamaah Pesantren Uswatun Hasanah Purwakarta Idul Adha Hari Ini

Ponpes Uswatun Hasanah Purwakarta Salat Ied, Selasa (21/8/2018)./Foto: Rmol

Ponpes Uswatun Hasanah Purwakarta Salat Ied, Selasa (21/8/2018)./Foto: Rmol

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Ratusan Jamaah Pesantren Uswatun Hasanah, Sukarata Kelurahan Cipaisan, Purwakarta gelar Salat Idul Adha, Selasa (21/8).

Meski berbeda sehari dengan keputusan pemerintah yang menetapkan Idul Adha pada Rabu 22 Agustus 2018. Sekitar 150 jemaah itu menggelar salat di halaman Pondok Pesantren Islam Uswatun Hasanah di Kampung Sukarata.

Keputusan Jamaah Uswatun Hasanah telah melaksanakan salat Idul Adha itu berdasarkan keputusan Amir Makkah yang memutuskan sepuluh Dzulhijjah 1439H pada hari ini.

Baca: Melalui Radar Bogor, PT. Bintang Toedjoe Area Bogor Ungkap Bentuk Kepedulian pada Momen Idul Adha

 

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Mualimin Al islamiyah, Azi Ahmad Tajudin bahwa keputusan Amir Makkah sesuai dengan Hadis riwayat Abu Dawud.

“Perhitungan penentuan Idul Adha kami itu tidak menggunakan hisab, tidak menggunakan rukyat hilal global ataupun lokal, tapi menggunakan hadis riwayat Abu Dawud dan Darulquthni,” kata Azi usai melakukan Idul Adha di halaman pondok pesantren.

Dirinya menjelaskan hadis tersebut berisikan bahwa Rasulallah SAW telah mengamatkan kepada Amir Makkah untuk menetapkan hilal bulan Zulhijjah. Berdasarkan hal tersebut, Amir Mekkah memiliki otoritas untuk menentukan kapan Idul Adha.

Baca: Dishub Apresiasi Pedagang Hewan Kurban Tak Gunakan Trotoar untuk Berdagang

 

Oleh karena itu, pihaknya pun tidak mempermasalahkan adanya perbedaan tanggal perayaan Idul Adha dengan pemerintah. “Kami ada landasan dalil yang spesifik bahwa penetapan Zulhijah itu sesuai keputusan Mekkah gitu, itu patokan kami,” ujarnya.

Azi menegaskan dalam penetapan penanggalan hari raya qurban ini tidak selalu berbeda dengan yang ditentukan pemerintah. Tapi, pihaknya tetap berpegang teguh pada dalil Abu Dawud dan Hujjah (alasan) yang dipercayai pihaknya.

Selain itu, pihaknya mengikuti keputusan dari konferensi tingkat internasional yang disampaikan pada waktu itu di Turki dan Saudi Arabia. Azi mengatakan hasil konferensi itu memutuskan bahwa menjadikan idul adha sebagai Ied kaum Muslimin seluruh dunia.

Baca: Dishub Apresiasi Pedagang Hewan Kurban Tak Gunakan Trotoar untuk Berdagang

 

“Dalil itulah landasan kami, kenapa kami melaksanakan salat Idul Adha di hari Selasa ini,” ucapnya.

(bon/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …