Waspadai Hewan Kurban Berpenyakit, Diskanak Purwakarta Lakukan Pemeriksaan

PEMERIKSAAN: Petugas Diskanak Purwakarta lakukan pemeriksaan hewan kurban di Pasar Senen Purwakarta. Pemeriksaan ini dilakukan jelang Idul Adha. Gani/Radar Karawang

PEMERIKSAAN: Petugas Diskanak Purwakarta lakukan pemeriksaan hewan kurban di Pasar Senen Purwakarta. Pemeriksaan ini dilakukan jelang Idul Adha. Gani/Radar Karawang

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Jelang Hari Raya Idhul Adha, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta melakukan pemeriksaan kesehatan kepada hewan kurban, khususnya sapi di Pasar Hewan Ciwareng, Senin (13/8). Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus penyakit pada H-8 lebaran haji.

”Hari ini kita pantau kesehatan hewan kurban. Tujuannya agar mencegah adanya hewan yang terindikasi memiliki virus penyakit,” ungkap Kepala Diskanak Purwakarta, Sri Wuryasturati.

Dalam pemeriksaan yang melibatkan sejumlah dokter hewan tersebut, sapi kurban diperiksa suhu tubuh, kondisi mata dan mulut. ”Kalau suhu tubuhnya tinggi, matanya suram terus sering keluar lendir dari hidung dan mulut, itu bisa ada indikasi sapi tidak sehat,” katanya.

Menurut Sri, bila sapi yang diperiksa menunjukkan indikasi terjangkit penyakit hewan tertentu, pihaknya akan membawa ke laboratorium uji cepat. Namun apabila hasil laboratorium masih perlu penelitian lanjutan, sapi tersebut bisa dibawa ke laboratorium vertikal di tingkat Provinsi Jawa Barat.

”Sampai saat ini alhamdulillah tidak ada laporan dan temuan sapi dengan virus penyakit, apalagi seperti antraks,” jelasnya.

Sri menambahkan, kepada pedagang hewan kurban maupun masyarakat yang ingin bertanya soal pemeriksaan kesehatan dan apa pun terkait hewan kurban, dapat menghubungi pihak diskanak.

”Bisa ditelpon di nomor 0264-200-221,” jelasnya. Diteruskan Sri, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan pada H-1 hingga H+3 Idul Adha atau yang biasa disebut dengan Hari Tasyrik.

”Saat hari H juga kami akan menyebar tim untuk memeriksa kesehatan sapi dan hewan kurban lainnya di sejumlah tempat penyembelihan,” katanya.

loading...

Feeds