Kesal, 11 Kolam Jaring Apung Milik Pencuri Ikan di Waduk Cirata Dibakar Massa

DIBAKAR: Kolam jaring apung milik terduga pencurian ikan dibakar massa akibat kesal ikan sering hilang sebelum panen. Gani/Radar Karawang

DIBAKAR: Kolam jaring apung milik terduga pencurian ikan dibakar massa akibat kesal ikan sering hilang sebelum panen. Gani/Radar Karawang

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Ratusan massa bakar Kolam Jaring Apung milik terduga pelaku pencuri ikan di Blok Kampung Rawataal, RT23, RW3, Desa Tegaldatar, Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta.

Rabu (25/7/18). Aksi pembakaran itu merupakan buntut kekesalan petani lantaran kerap kehilangan ikan sebelum masa panen.

Kapolsek Maniis AKP Agus Yudi, membenarkan adanya insiden tersebut, namun menurutnya aksi pencurian yang dilakukan para bandit air itu berada di wilayah hukum Polsek Cipendey Kabupaten Bandung Barat.

“Jadi gini untuk TKP pembakaran benar di wilayah kita, tetapi untuk TKP pencurian itu ada di wilayah Cipendeuy Bandung Barat dan para pelaku sudah diamankan di sana,” ujarnya, kepada Radar Karawang (Pojoksatu.id Grup).

Tiga terduga pelaku pencuri ikan yang diamakan polisi yaitu Karmin (45), Asuy (30) dan Indra (21). Ketiganya merupakan warga Kecamatan Maniis Purwakarta.

“Upaya kita saat adalah meredam warga jangan sampai aksi main hakim sendiri ini, merembet ke KJA lain,” katanya.

Agus membantah, jika pembakaran itu buntut penertiban yang dilakukan satgas Citarum Harum yang tersebar di media sosial. “Saya tegaskan bahwa peristiwa ini murni kriminal, tidak ada sangkut pautnya dengan penertiban KJA,” tegasnya.

Lebih jauh Agus menjelaskan, peristiwa itu bermula saat tiga pelaku datang ke salah satu kolam milik warga di Blok Gandasoli Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat dan berhasil membawa kabur ikan menggunakan perahu tempel.

Warga yang mengetahui aksi ketiganya, langsung membuntuti para pelaku dan menangkap ketiganya sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Beruntung petugas kepolisian berhasil mengamankan para tersangka dari amukan massa. Warga yang geram dengan ulah para pelaku kemudian membakar seluruh kolam jaring apung tempat menyimpan barang hasil curian.

“Total ada 11 unit yang rusak dan dibakar warga,” ujar Kapolsek.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds