Volume Sampah Bakal Meningkat Saat Malam Takbiran dan Lebaran, Pemkab Purwakarta Lakukan Antisipasi Ini

ilustrasi petugas kebersihan (foto: dok)

ilustrasi petugas kebersihan (foto: dok)

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Siaga 24 jam. Pemkab Purwakarta siapkan petugas kebersihan di sejumlah titik, terutama di jalur protokol pada malam takbiran hingga hari pertama lebaran nanti.
‚ÄéMengingat, di titik krusial ini kerap dibanjiri sampah saat momen tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Didi Suwardi menuturkan, biasanya pada malam takbiran hingga pagi menjelang Shalat Ied terjadi peningkatan volume sampah.

Karenanya, pihaknya akan menyiagakan petugas kebersihan untuk mengantisipasi supaya tak ada penumpukan sampah.
“Jadi, petugas kebersihan tak akan libur saat takbiran. Mereka akan disebar di beberapa tempat keramaian, terutama di jalur protokol yang menjadi titik konsentrasi warga,” ujar Didi, melalui sambungan selulernya, Kamis (14/6).

Menurutnya, produksi sampah yang dihasilkan warga saat moment tersebut berbeda dari hari biasanya. Pihaknya memprediksi, volume sampah akan meningkat pada saat takbiran dan lebaran nanti. Adapun kenaikannya, sekitar 2-3 kali lipat dari hari normal.

“Selain petugas penyapu, nanti kami siagakan juga petugas penyisir yang mengangkut sampah tersebut. Supaya, tak terjadi penumpukan di tempat pembuanagn sementara (TPS),” tambah dia.

Sebenarnya, dalam hal ini pihaknya merasa kasihan kepada para petugas sapu dan pemungut sampah yang bertugas di pusat kota itu. Mereka sampai rela tak berlebaran demi membersihkan sisa-sisa sampah yang ditinggalkan masyarakat dan para pedagang.


loading...

Feeds

Libur Lebaran, TPS Liar Mulai Bermunculan di Bekasi

Pemkot Bekasi Tutup 88 TPS Liar

Sejak 2014, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menutup 88 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar dari 120 yang tersebar secara …