Alsintan bagi Tiga Poktan di Purwakarta, Segini Kekuatannya

Alsintan di Purwakarta./Foto: Ade

Alsintan di Purwakarta./Foto: Ade

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Dinas Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor bagi para kelompok tani di Purwakarta. Bantuan tersebut dari Kementerian Pertanian RI untuk tiga kelompok tani (Poktan).

Selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Suherlan berharap kepada para penerima bantuan memanfaatkan traktor berkekuatan 6,5 PK tersebut semaksimal mungkin.

“Dengan traktor tersebut minimal petani dapat menggarap 0,3 hektar lahan pertanian dalam seharinya,” kata Agus kepada awak media, Senin (28/5/2018).

Baca:

Atasi Banjir Longsor, BPHW Unit 1 Bogor Gandeng Kelompok Tani dan Penggergajian Tanami Tamansari

Agus menuturkan, Purwakarta memiliki sebanyak 740 Poktan dengan jumlah petaninya yang diangka sekitar 25.000 petani. Dan dengan adanya bantuan tiga alsintan ini diharap dapat membantu petani dalam mengelola tanah hingga menjadi siap tanam.

“Tidak ada biaya sewa, petani cukup menyediakan solar untuk bahan bakar operasional alat,” paparnya.

Adapun tiga poktan yang menerima bantuan alsintan tersebut, lanjut Kadis Pertanian, ialah Poktan Bongasjaya dari Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Poktan Sugih Mukti, Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari dan Poktan Sinar Tani, Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu.

“Mudah-mudahan alsin ini bisa mendukung program peningkatan pertanian dan bisa digunakan dengan semaksimal mungkin,” tandasnya.

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds

politik-uang

514 Daerah Rawan Politik Uang

BAWASLU mencatat ada 514 kabupaten/kota di Indonesia yang rawan praktik politik uang dalam Pemilu 2019. Catatan tersebut hasil Indeks Kerawanan …