Stok Labu Darah PMI Purwakarta Aman, Stok Trombosit?

Illustrasi

Illustrasi


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Stok labu darah di PMI Purwakarta untuk menutupi kebutuhan masyarakat sampai Lebaran, masih aman. Persediannya surplus, saat ini stok darah dari empat jenis golongan darah mencapai 1.114 labu.

Ketua PMI Cabang Purwakarta, Lalam Martakusuma, mengatakan, stok darah pada bulan puasa ini sangat banyak. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, unit donor darah kekurangan stok setiap bulan puasa.

“Banyaknya stok darah ini, karena jauh-jauh hari PMI tersebut melakukan pendekakatan kepada masyarakat untuk bersedia mendonorkan darahnya,” ujar Lalam, kepada awak media, Minggu (20/5).

Ia merinci stok darah yang tersedia, yaitu untuk golongan darah Amencapai 234 unit. Golongan darah B sebanyak 368 labu. Untuk golongan darah O jumlahnya mencapai 446 labu. Sedangkan darah dengan golongan AB jumlahnya 66 labu. Dengan begitu total stok darah ini mencapai 1.114 labu.

Dari jumlah tersebut, darah yang sudah disaring mencapai 118 labu. Darah yang sudah disaring ini, merupakan yang siap pakai. Akan tetapi, untuk proses penyaringan darah ini akan terus dilakukan. Sampai semua labu darah dalam kondisi siap pakai.

Baca:

Waduh, PMI Kekurangan Stok Darah

Stok Darah Berkurang, LSM AMPAR Ajak Masyarakat Donor Darah

PMI Kota Sukabumi: Stok Darah Golongan A Kritis

Menurut Lalam, kebutuhan akan darah di wilayahnya tidak tentu. Terkadang lebih dari 20 labu per hari. Tetapi ada juga yang kurang dari 20 labu per harinya. Tergantung dari pasien yang membutuhkan labu darah. “Kita melayani permintaan dari seluruh rumah sakit yang ada di Purwakarta,” ujar Lalam.

Sementara itu Ketua Unit Donor Darah RSUD Bayu Asih, dr Fatah Hidayat, mengatakan, selain darah pihaknya juga menyediakan trombosit. Trombosit ini, khusus diperuntukan bagi pasien yang kekurangan trombosit. Seperti pasien demam darah dengue (DBD). “Saat ini jumlah trombosit ada 92 labu. Jika ada pasien yang membutuhkannya silahkan datang ke UDD,” ujar Fata.

(bon/rmol/pojojabar)

Loading...

loading...

Feeds