Lihat! Sekelompok Pemuda Ini Bersihkan TPU Kampung Cikadu, Begini Kiprahnya

Para Pemuda Cikadu Wanawali saat tengah beristirahat sejenak usai kerja bakti membersihkan TPU./Foto: Ade

Para Pemuda Cikadu Wanawali saat tengah beristirahat sejenak usai kerja bakti membersihkan TPU./Foto: Ade

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Seperti tahun-tahun sebelumnya budaya membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) menjelang bulan puasa merupakan tradisi masyarakat yang terus dilestarikan. Tahun ini terlihat berbeda dari biasanya, karena justru anak-anak membersihkan TPU.

Kota Sukabumi Krisis TPU, Ini Empat Solusi dari Walikota

Hal itu seperti terlihat di TPU Kampung Cikadu, Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu. Belasan pemuda setiap hari bergotong royong membersihkan makam umum yang terbilang cukup luas tersebut.

“Tahun ini agak berbeda karena yang membersihkan TPU secara gotong royong para pemuda. Apabila tahun tahun lalu biasanya para orang tua bekerja bakti,” terang Andis, penanggungjawab pengelolaan TPU Cikadu.

Untuk membersihkan lahan TPU yang cukup luas tersebut, Andis menargetkan selama 3 hari. Dari mulai membabat rumput, mengumpulkan sampah-sampah babadan kemudian membkarnya dan terakhir di semprot.

Lihat Dehh.. Bunga Bangkai Tumbuh Didekat TPU Kalideres Sukabumi

“Dalam sehari ada sekitar 17-19 orang pemuda, kerja bakti bergantian setiap harinya hingga tiga hari. Hari ini ditargetkan harus selesai, sebelum memasuki puasa besok,” tambah Andis.

Masih ditempat yang sama Kaur Kesra Desa Wanawali, Dasep Saeful, menambahkan bahwa luas TPU yang saat ini tengah dibersihkan para pemuda mencapai 2 hektare.

“Semangat para pemudanya sangat luar biasa, sehingga kami dari pemerintahan desa mensuport penuh kegiatan para pemuda dalam bekerja bakti untuk fasilitas umum,” singkat Dasep.

 

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Kegiatan Alfamart Class. (ist)

Alfamart Class Hadir di Sejumlah SMK

DALAM rangka ulang tahun ke-19 Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya gelar pelatihan pemasaran di sejumlah sekolah kejuruan. Kegiatan tersebut serempak …