Gema Sunda Buka Sanggar dengan Nama Puspa Kencana, Begini Cara Daftarnya

Abay Cakra Buana (Ketua Gema Sunda Cibatu) saat memberikan 
Sambutan pembukaan sanggar Puspa Kencana.

Abay Cakra Buana (Ketua Gema Sunda Cibatu) saat memberikan Sambutan pembukaan sanggar Puspa Kencana.


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Sunda, Gerakan Masyarakat Sunda (Gema Sunda) membuka sanggar kesenian khusus kebudayaan sunda. Berbagai pentas seni sunda ditampilkan dalam acara pembukaan sanggar tersebut.

Menurut ketua DPC Gema Sunda Cibatu Abay Cakra Buana, pembukaan sanggar tersebut merupakan salah satu agenda Gema Sunda dalam melestarikan budaya-budaya kesundaan yang dewasa ini sudah mulai terkikis oleh budaya asing.

“Sanggar ini kami beri nama Puspa Kencana. Kegiatan ini merupakan rangkaian yang sudah kita rencanakkan, dari mulai kegiatan keagamaan berupa Mapag Fajar (Sholat Subuh Berjamaah) keliling ke setiap masjid yang ada di desa-desa sekecamatan Cibatu,” beber Abay, saat usai acara.

Kemudian, lanjut Abay, ada kegiatan ekonomi, yaitu menggerakan anak-anak muda dan remaja untuk beternak ayam yang saat ini sudah berjalan. Kemudian juga perranian, dengan cara menanam pohon-pohon pisang ditanah-tanah kosong milik warga.

“Sekarang ini kegiatan berupaya budaya sunda, dengan mendirikan sanggar tempat berkreasi para pemuda dan remaja di Cibatu,” tambah Abay, dilokasi sanggar yang terletak di Desa Cipancur Kecamatan Cibatu.

Masih ditempat yang sama, menurut Camat Cibatu H.Diaudin yang diwakili oleh Sekretaris Camat H.Cucu Suwita pihak Kecamatan mendukung sekali kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh Gema Sunda.

“Kegaiatan-kegiatan yang diusung oleh Gema Sunda sangat baik, karena mampu merangkul para generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif. Sehingga kami dari pemerintahan kecamatan akan terus mendukung, selama kegiatan itu positif dan bermanfaat bagi warga masyarakat Cibatu,” kata H.Cucu.

Loading...

loading...

Feeds