Bahaya! Kondisi Jalan di Sekitar Kampung Cikadu Rusak, Begini Kondisinya

Jalan di sekitar Kampung Cikadu, Purwakarta rusak./Foto: Rmol.co.

Jalan di sekitar Kampung Cikadu, Purwakarta rusak./Foto: Rmol.co.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA–  Proyek pembangunan pabrik bata hebel, di Kampung Cikadu, Desa Kadu Mekar, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta menyisakan persoalan bagi warga pengguna kendaraan bermotor.

Imbas dari pembangunan pabrik milik asing itu, menyebabkam kondisi jalan di sekitar perkampungan itu rusak parah. Banyak lubang menganga menghiasi badan jalan. Saat ini jalur alternatif baru yang menjadi penghubung antar Kecamatan Babakan Cikao (BBC)-Jatiluhur itu nyaris lumpuh tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Menurut warga sekitar, selama proyek berlangsung, jalur yang menjadi titik nol Jalan Lingkar Barat yang baru dibangun pemerintah setempat itu, kerap digunakan untuk operasional kendaraan berat yang mengangkut material untuk kebutuhan pembangunan pabrik itu.

Baca juga: Jalan Kayumanis-Rawataman Mirip Track Offroad, Warga Minta Lapor ke Plt Walikota

“Rusaknya badan jalan di lokasi ini sudah terjadi sejak pertengahan tahun kemarin. Awalnya, jalan yang mengalami rusak hanya sedikit. Namun, seiring tingginya intensitas pengakut barang bangunan ke lokasi itu, kondisi kerusakan jalan makin parah,” ujar Hidayat (45), warga setempat, kepada awak media, Rabu (14/3).

Adanya kerusakan jalan itu, sontak saja menimbulkan keluhan dari para pengguna jalan. Terutama, para pengendara sepeda motor. Mereka khawatir, kondisi jalan yang kondisinya telah berlubang cukup besar itu bisa membahayakan. Untuk itu, mereka berharap kondisi seperti ini tak dibiarkan berlarut-larut oleh pemerintah.

Salah seorang pengguna jalan, Dinar Mahardika (35) mengaku kesal atas buruknya infrastruktur tersebut. Karena, selain mengganggu mobilitas mereka, adanya jalan rusak ini pun dikhawatirkan menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Apalagi, jika malam hari dan kondisi cuaca sedang hujan. Pastinya, kondisi jalan berlubang dan begerlombang ini sama sekali tidak terlihat.

Baca juga: Peternakan Ayam di Warnajati Sukabumi Tak Berizin, Kades Minta Dibongkar

“Kalau malam hari, atau sedang turun hujan lubang besarnya tidak kelihatan. Ini jelas membahayakan. Apalagi, bagi pengendara sepeda motor,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta, Budi Supriyadi membenarkan soal kerusakan jalan di KM 0 Jalur Lingkar Barat yang dikeluhkan warga itu. “Kita sudah mendapat banyak keluhan dari masyarakat soal kerusakan jalan alternatif itu,” ujar Budi.

Namun, dalam hal ini Budi menegaskan, untuk perbaikan jalan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak perusahaan hebel itu. Yang dalam hal ini, PT Platinum Internasional. “Beberapa waktu lalu, pihak perusahaan asing itu sudah membuat pernyataan jika perbaikan jalan tersebut menjadi tanggung jawab mereka. Saat ini, kami masih menunggu itikad baik dari mereka,” katanya.

Ia menyayangkan, sampai saat ini belum ada sinyal itikad baik dari perusahaan tersebut. Bahkan, belum lama ini pihaknya menyoba menghubungi penanggung jawab proyek tersebut, tapi belum ada respon apapun. “Kami akan segera layangkan surat panggilan. Kalau masih tak ada itikad baik dan memang seperti itu maunya, ya sudah kami pun akan bertindak tegas kepada mereka,” ujar Budi.

Baca juga: [Video] Kebakaran Rumah Diduga karena Petir Menyambar di Kelurahan Perum Ciremai Giri, Kota Cirebon, Rabu (14/3/2018).

Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan pemortalan jalur tersebut. Supaya, operasional angkutan barang ke proyek pembangunan pabrik itu tak bisa lagi seenaknya menggunakan jalan tersebut. “Kita akan pasang portal. Penghalang ini tak akan kami buka sebelum jalan tersebut diperbaiki,” katanya.

Terkait panjang jalan yang mengalami kerusakan itu, kata dia, yakni sekitar 700 meter. Dia berharap, pihak perusahaan bisa segera memerbaiki jalan tersebut. Mengingat, jalur ini menjadi akses bagi masyarakat di wilayah tersebut.

(mar/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds

Syahrini

3 Alasan Syahrini Belum Juga Menikah

Penyanyi sensasional Syahrini membeberkan alasan kenapa dirinya belum menikah hingga saat ini. Dia mengaku punya tiga alasan belum menikah meski …