Empat Pelaku Curat di Tasikmalaya Ditangkap, Pakai Modus Pecah Kaca dan Ganjal ATM

Polres Tasikmalaya Kota berhasil mengungkap dua kasus (pencurian dengan pemberatan) curat di Tasikmalaya dengan modus pecah kaca dan ganjal ATM bertempat.

POJOKSATU.id, TASIKMALAYA – Polres Tasikmalaya Kota berhasil mengungkap dua kasus (pencurian dengan pemberatan) curat di Tasikmalaya dengan modus pecah kaca dan ganjal ATM bertempat.


Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan menjelaskan, bahwa para pelaku curat di Tasikmalaya berjumlah empat orang dengan kasus yang berbeda.

“Alhamdulilah, Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota Polda Jabar berhasil mengungkap kasus curat di Tasikmalaya modus pecah kaca, dan berhasil mengamankan 2 pelaku,” ungkapnya, Rabu 14 September 2022.

Kapolres mengatakan bahwa pelaku yang diamankan  berinisial AP (34) dan HM (35) warga Kabupaten Ogan Komering Ilir Propinsi Sumatera Selatan dengan barang bukti ponsel, sepeda motor dan alat untuk pecahkan kaca mobil target.


BACA JUGA : Polsek Tasikmalaya Beberkan Motif Dua Pelaku Pembunuh Monyet, Alasannya Demi Konten

“Sindikat ini bekerja berkelompok, dengan target nasabah bank yang baru saja  mengambil uang,” terangnya.

Kapolres juga menambahkan bahwa para pelaku melakukan tindak pidana curat di jalan Otista dengan kerugian Rp 300 juta pada Selasa (22/5/22), para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Sementara untuk dua pelaku lainnya, yakni kasus Curat modus ganjel ATM dan mengamankan 2 pelaku RF dan TM warga Lampung.

BACA JUGA : Tega Siksa dan Mutilasi Bayi Monyet Demi Konten, 2 Pemuda di Tasikmalaya Terancam 5 Tahun Penjara

“Para pelaku ini beraksi di ATM di  jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya, Sabtu (27/08/2922) lalu, modusnya mengganjal ATM,”jelasnya.

Saat penangkapan oleh anggota yang sedang patroli, sempat terjadi kejar kejaran dan 2 pelaku berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota.

“Dari dua pelaku ini, diamankan barang bukti 1 unit mobil, gunting, 8 kartu ATM, tusuk gigi, beberapa bungkus korek api,” paparnya.

BACA JUGA : Bocah Asal Tasikmalaya Tewas Gegara HP Meledak, Tubuh Kecilnya Hangus Terbakar Api

Untuk para pelaku modus ganjel ATM dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat,
bilamana ATM nya bermasalah atau tidak keluar saat transaksi di mesin ATM, jangan meminta tolong kepada orang lain yang bukan petugas atau sekuriti.

“Jaga kerahasiaan no PIN, jangan sampai diketahui orang lain untuk menghindari curat di Tasikmalaya ,” pungkasnya.

(Arief/pojoksatu.id)