Polres Tangkap Pelaku Penimbunan BBM Subsidi di Majalengka, Modus Antre di SPBU Setiap Hari Lalu Dijual dengan Harga Mahal

Jajaran Sat Reskrim Polres Majalengka Polda Jabar pukul 07.45 WIB, Rabu pagi melakukan penggerebekan penimbunan BBM Subsidi di Majalengka.

POJOKJABAR.id, MAJALENGKA – Dua orang ditangkap lantaran melakukan penimbunan BBM subsidi di Majalengka dengan modus antre di SBPU setiap hari.


Jajaran Sat Reskrim Polres Majalengka Polda Jabar pukul 07.45 WIB, Rabu pagi melakukan penggerebekan penimbunan BBM Subsidi di Majalengka jenis Solar, yang digunakan untuk dijual kembali.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan, penimbunan BBM Subsidi di Majalengka merupakan upaya yang terus menerus dilakukan guna melindungi masyarakat, dari perbuatan oknum yang menyalahgunakan BBM bersubsidi.

“Polisi akan terus lakukan operasi penertiban terhadap dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi.” tegas Ibrahim Tompo, Rabu (7/9/2022).


BACA JUGA : Polda Metro Jaya Beberkan Soal Penimbunan Beras Bansos di Depok, Langsung Gerak Cepat

Terpisah Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menjelaskan, bahwa pengungkapan penimbunan BBM Subsidi di Majalengka ini berawal dari informasi masyarakat.

Dari temuan penimbunan BBM Subsidi di Majalengka , pihaknya mengamankan satu unit truck box yang digunakan untuk membeli solar subsidi.

Kemudian, lanjutnya, solar subsidi ini ditampung di beberapa drum.

“Kita mengamankan sebanyak 450 liter BBM Jenis Solar yang diduga adalah Solar Subsidi yang tempat Kejadiannya di Kp. Malongpong Desa Sukasari Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka,” kata Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP Febry H Samosir.

BACA JUGA : Penyidik Polres Sukabumi Serahkan Berkas Perkara Tahap Satu Kasus Penimbunan BBM Bersubsi ke JPU

Dari pengungkapan penimbunan BBM Subsidi di Majalengka ini, Polres Majalengka berhasil mengamankan dua pelaku.

“Kami telah menangkap Dua Orang Pelaku berinisial MR (22) dan AD (40) yang merupakan warga Desa Rawa, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka,” sebutnya.

Ternyata, sambung dia, pelaku penimbunan BBM Subsidi di Majalengka sudah beraktifitas dari Januari 2022. Adapun SPBU yang diincar ada di Cikijing dan SPBU- SPBU lain disekitar Cikijing.

Sementara modus para pelaku tersebut melakukan pembelian Solar dengan mengantre di SPBU menggunakan truck box.

BACA JUGA : TNI Temukan Gudang Penimbunan Berisi 3 Ton Solar Bersubsidi di Parungkuda Sukabumi

“Hampir setiap hari pelaku ke SPBU, kemudian pelaku kembali kerumah atau Lokasi tempat penampungan dibeberapa drum yang dikeluarkan secara manual kemudian ditampung setelah ditampung solar subsidi itu dijual dengan harga non subsidi dan mengambil keuntungan dari disparitas harga tersebut,” tutur AKBP Edwin Affandi.

Lebih lanjut, para pelaku bekerja setiap hari sekali untuk mengisi solar di SPBU dan dikumpulkan dan dijual dengan harga non subsidi,

“Dan kita akan melaksanakan Pengembangan lebih lanjut terkait dengan mekanisme pembelian di SPBU,” tutur dia.

“Polres Majalengka Polda Jabar akan tetap melaksanakan pemantauan dan penindakan terhadap kegiatan penyelewengan BBM Subsidi ini karena dengan kenaikan harga BBM ini tentunya masyarakat butuh mendapatkan BBM dengan cepat dan mudah di SPBU” pungkasnya.

Akibat penimbunan BBM Subsidi di Majalengka, kedua tersangka MR (22) dan AD (40) melanggar Pasal 55 Undang – undang RI Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah ketentuan Undang-undang RI Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman hukuman selama enam tahun penjara. (Arif)