HMI Ciamis Curhat Soal Jejeran Iklan Rokok Tepat di Depan Sekolah

Reklame rokok di depan SMPIT Irfani Quranicepreneur Bilingual School./Foto: Istimewa

Reklame rokok di depan SMPIT Irfani Quranicepreneur Bilingual School./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIAMIS– Terpampang tepat di depan sekolah jejeran iklan atau reklame rokok merek Marlboro di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kertasari, Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut dinilai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciamis akan berdampak buruk pada siswa yang masih di bawah umur.

“Kami menyayangkan adanya pemasangan reklame iklan rokok di depan SMPIT & SMAIT Irfani Quranicepreneur Bilingual School Kertasari, Ciamis,” ujar Wakil Sekretaris Bidang Hukum dan HAM HMI Ciamis, Zamaludin Purnama Aji, Senin (1/3).

Seharusnya, kata dia, lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan bersih dari iklan rokok.

“Adanya pemasangan reklame iklan rokok ini akan berdampak buruk terhadap siswa yang masih di bawah umur. Dan secara psikologis mendorong para siswa untuk merokok,” kata dia.

Selain itu, kata dia, dalam peraturan juga melarang hal demikian. Tempat belajar mengajar harus bersih dari iklan rokok.

“Yang harus diperhatikan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 Pasal 50. Peraturan tersebut mengatakan bahwa Kawasan Tanpa Rokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 antara lain fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan,” bebernya.

Tentang itu, lanjutnya, diatur juga dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah.

“Pada Pasal 4 huruf c memberlakukan pelarangan pemasangan iklan, reklame, penyebaran famplet dan iklan lainnya dari perusahaan atau yayasan rokok yang beredar atau dipasang dekat dengan lingkungan sekolah,” tegas Zamaludin.

Ia mengungkapkan bahwa HMI Ciamis mendorong Pemerintah Daerah segera menetapkan peraturan daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) supaya pemasangan iklan rokok tidak sembarangan.

“Perda KTR yang telah lama diwacanakan harus segera ditetapkan. Demi ketertiban agar pemasangan iklan rokok ini tidak sembarangan,” tegasnya.

(rmol/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds