Heboh Batang Pohon Pisang di Area Makam Syech Maulana Abdurahman Akbar

Pohon pisang tumbuh di dahan randu di Majalengka./Foto: Istimewa

Pohon pisang tumbuh di dahan randu di Majalengka./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, MAJALENGKA– Batang pohon pisang tumbuh di atas dahan randu yang sudah berusia ratusan tahun menghebohkan warga Kabupaten Majalengka.

Peristiwa aneh tapi nyata itu tepatnya terjadi di Desa Sukaraja Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Semakin menghebohkan, pohon randu tempat tumbuh pohon pisang itu berada di tengah area Makam Syech Maulana Abdurahman Akbar.

Menurut Juru kunci Makam, Suryana, dari ukuran, pohon aneh itu sama seperti dengan pohon pisang pada umumnya, hanya tempat tumbuhnya saja yang tidak lazim.

“Awalnya itu kecil, tapi terhitung sudah 20 hari makin besar. Namun daunnya kini menipis, kalau awalnya banyak dan menjulang,” ujar Suryana, Kamis (2/7).

Suryana mengatakan tak ada keanehan lain dari pohon pisang tersebut. Dia menduga pohon pisang itu varietas Pisang Muli.

“Di sekitar sini juga banyak pohon pisang jenis Muli, soalnya rupanya hampir mirip,” jelasnya.

Terpisah, Peneliti Utama Badan Litbang Pertanian Prof Ika Djatnika menjelaskan, kemungkinan tumbuhnya pohon pisang di dahan Pohon lain karena adanya peran hewan yang membawa ke dahan pohon itu.

“Bisa jadi jenis pisang yang berbiji? Sehingga Buah pisang yang dibawa hewan musang dan sebagainya. Musang BAB di pohon itu sambil mengeluarkan biji pisang yang biasanya tidak bisa dicerna oleh organ tubuh musang itu dan tumbuh pohon pisang tersebut,” ungkap Ika.

Menurut Ika, pohon pisang bisa tumbuh bukan di atas tanah bukan suatu yang mustahil. Baginya, hal itu bisa saja terjadi dan sifatnya alamiah.

“Bisa saja. Apalagi di pohon biasanya ada bahan organik dari udara seperti asap dan sebagainya yang bisa memperkuat tumbuh kembangnya pohon pisang yang sedang viral itu,” jelasnya.

(rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds