Begini Cara Polres Majalengka Cegah Penyebaran Covid-19

Jajaran Polres Majalengka telah membentuk tim reaksi cepat siaga wabah Covid-19./Foto: Istimewa

Jajaran Polres Majalengka telah membentuk tim reaksi cepat siaga wabah Covid-19./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, MAJALENGKA– Tim reaksi cepat dan posko siaga wabah Covid-19 atau Virus Corona dibentuk Polres Majalengka.

“Tim ini bekerja sama dengan BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Majalengka,” kata Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso, Kamis (19/3).

Polres Majalengka juga siap dengan sarana prasarana seperti APD (alat pengaman diri), alat semprot disinfektan, hand sanitizer, masker, sarung tangan, posko, mobil ambulans dan alat pengukur suhu tubuh.

Di setiap ruangan yang ada di Mako Polres Majalengka, seluruh Polsek jajaran, tempat Pelayanan Publik seperti SPKT, SIM, SKCK telah disediakan hand sanitizer, sabun antiseptik dan petugas yang melakukan pengukuran suhu tubuh.

Polres Majalengka juga menggelar simulasi tentang evakuasi pasien yang terpapar virus Corona. Simulasi dilakukan di halaman Mapolres Majalengka, Kamis (19/3).

Menurut Kapolres, simulasi merupakan upaya untuk mengedukasi, terutama kepada anggota ketika menangani warga yang terinfeksi Covid-19.

“Guna meningkatkan kesiapsiagaan anggota dalam penanganan pasien yang diduga terjangkit virus corona. Selain itu juga sebagai langkah antisipasi bila ada pasien dalam pengawasan Covid-19,” papar Kapolres bergelar doktor ini.

Polres Majalengka juga menyediakan aplikasi berbasis teknologi yang diberi nama Electronic Polres Majalengka Raharja (e-PMR) untuk penanganan Virus Corona.

Aplikasi yang bisa diunduh dari play store itu memiliki berbagai macam fitur, salah satunya adalah tombol darurat atau panic button.

“Terkait dengan info masyarakat, salah satunya jika ada masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan, demam tinggi, batuk, pilek dan sebelumnya memiliki riwayat berinteraksi dengan daerah terjangkit covid-19, masyarakat bisa menggunakan fitur tersebut,” urai Kapolres.

Laporan masyarakat akan direspons cepat oleh operator e-PMR, kemudian dilanjutkan ke personel yang siap gerak cepat melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Jadi Polres Majalengka bersama instansi terkait bisa jemput bola ke lokasi untuk menolong warga, selanjutnya membawa warga tersebut ke puskesmas atau RSUD Rujukan,” tambahnya.

Kapolres berharap agar masyarakat tidak usah takut, tetapi tetap waspada. “Semoga apa yang dikerjakan ini bisa membantu masyarakat agar tidak panik, tetapi tetap waspada dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa,” pungkas Bismo.

(*/adk/jpnn/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds