Polres Majalengka Ungkap 6 Pelaku Kasus Curat dan Curanmor

Polres Majalengka ungkap kasus curat dan curanmor./Foto: Rmol

Polres Majalengka ungkap kasus curat dan curanmor./Foto: Rmol


POJOKJABAR.com, MAJALENGKA– Polres Majalengka sepanjang sepekan terakhir ini mengungkao tiga kasus pembobolan ruko dan dua kasus pencurian kendaraan bermotor dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda.

Polres Majalengka berhasil meringkus 6 pelaku Curat maupun Curanmor yang kerap meresahkan masyarakat. Akan tetapi, dua orang pelaku Curat dan Curanmor masih dalam pengejaran karena berhasil melarikan diri.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso menerangkan, kronologis pembobolan ruko pakaian terjadi pada hari Kamis (5/3) sekira pukul 02.15 WIB. Pelaku masuk ke dalam ruko dengan cara merusak kunci gembok menggunakan linggis.

“Satu dari tiga orang pelaku melakukan aksinya dengan masuk ke dalam ruko mengambil pakaian sebanyak tiga karung. Adapun dua pelaku lainnya menunggu di luar memastikan situasi agar aksinya berjalan lancar,” ujar Bismo, Senin (9/3).

Bismo menjelaskan, aksi tiga komplotan tersebut berawal dari kecurigaan salah seorang warga karena melihat adanya dua orang asing sedang berada di dekat mobil, sementara satu lainnya berada didalam ruko.

Lebih lanjut, Bismo mengungkapkan, kecurigaan warga pun semakin menguat karena para pelaku yang sebelumnya berada di dalam ruko, mereka keluar dengan membawa berbagai barang dagangan.

“Saat hendak mendatangi TKP adanya laporan dari warga dan pihak kepolisian langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku pencurian, pada saat di Jalan Raya Blok Haurduni, Desa Maja Utara, Kecamatan Maja melihat kendaraan pelaku,” jelas Kapolres.

Kemudian, jajaran Polres Majalengka melakukan pengejaran dan berhasil memberhentikan kendaraan pelaku. Akan tetapi, para tersangka melakukan perlawanan, sehingga pihaknya terpaksa harus melumpuhkan dengan timah panas.

“Satu pelaku saat ini masih dirawat di RSUD Majalengka untuk perawatan intensif karena adanya luka tembak yang lumayan serius. Satu berhasil diamankan dan satu lagi menjadi DPO,” ungkap Bismo.

Selain Curat, Polres Majalengka juga berhasil mengungkap dua kasus Curanmor. Ada dua orang tersangka serta tiga penadah kendaraan curian berhasil diringkus aparat kepolisian, sementara satu pelaku lainnya berstatus DPO dan masih dalam pengejaran.

Bismo mengatakan, satu pelaku berinisial KI merupakan residivis yang berhasil menggasak satu unit kendaraan jenis matic. Dalam menyalurkan hasil curiannya pelaku tidak sendirian, melainkan bekerja sama dengan tiga penadah berinisial TRS, AS dan GG.

“Sebab, ketiga kawan residivis tersebut mencoba memberikan pertolongan kepada KI atau kata lain menjadi penadah atas perbuatan KI,” ungkapnya.

Bismo menuturkan, rata-rata modus operandi yang dilakukan tersangka dengan memantau keteledoran pemilik kendaraan, sehingga mudah digarap. Atas pengungkapan kedua kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti tiga unit kendaraan roda dua dan satu unit kendaraan roda empat.

Atas kejadian tersebut 6 Pelaku Curat dan Curanmor dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

(rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds