Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Subang Terus Meningkat

Ilustrasi Penderita Penyakit HIV AIDS.

Ilustrasi Penderita Penyakit HIV AIDS.


POJOKJABAR.com, SUBANG – Angka Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), di Kabupaten Subang terus meningkat. Meningkatnya jumlah ODHA dari tahun ke tahun itu tentunya sangat memprihatinkan. Agar pengidap HIV/AIDS tak lagi bertambah, perlu peran aktif dari semua pihak.

Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Subang, Aminudin menyayangkan dengan jumlah ODHA yang tiap tahunnya terus meningkat. Sejumlah sosialisasi hingga kegiatan yang sifatnya seremoni tak cukup untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Bukannya berkurang namun malah cenderung bertambah. Ini akan jadi masalah dikemudian hari,” kata Aminudin.

Sepertihalnya dari hasil yang telah dicermati oleh para ahli, kata dia, faktor gaya hidup memiliki peran kunci meningkatnya jumlah pengidap HIV/AIDS di daerah Penyebarannya, melalui hubungan seksual, maupun homoseksual, narkotika suntik dan penularan ibu ke bayi pada saat proses kehamilan melahirkan dan menyusui.

“Jadi sudah jelas, penanggulangan HIV/AIDS tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah dan KPA saja, tapi butuh peran serta masyarakat khususnya keluarga sebagai garda terdepan yang mengawasi anak anaknya,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Subang, Ruhimat mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta sertamenanggulangi dan menekan perkembangan HIV/AIDS. Apalagi di Kabupaten Subang jumlahnya cukup banyak.

“Kita juga tidak boleh menjauhi, apalagi memberikan stigma negatif kepada penderita. Kita rangkul orangnya, jauhi penyakitnya. Dan HIV/AIDS tidak bisa diketahui kecuali periksakan diri,” ujar Ruhimat.

“Mudah mudahan bagi yang belum konsen, yang belum peduli terhadap aktivitas dan kepedulian terhadap para penderita penyakit itu, mari kita coba berpikir supaya mereka pun tidak merasa diasingkan,” katanya.

(RBD/anr/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds