Miliki Kisah Mistis, Pemprov Jabar Harus Perhatikan Situ Sanghiang

Situ Sanghiang Tasikmalaya./Foto: Rmol

Situ Sanghiang Tasikmalaya./Foto: Rmol

POJOKJABAR.com, TASIKMALAYA– Situ Sanghiang yang berada di Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan objek wisata yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) maupun Pemkab Tasikmalaya.

Selain itu, Situ Sanghiang menyimpan cerita rakyat yang sangat melegenda yang memiliki daya mistis tersendiri.

“Bila dikelola dan diperhatikan dari mulai akses serta infrastruktur jalan tentunya Situ Sanghiang merupakan objek wisata yang sangat menarik,” ungkap Tokoh Masyarakat Cibalanarik, Ikbal Nasihin, Minggu (29/9).

Ikbal mengatakan, sebagai masyarakat di sekitaran Situ Sanghiang tentunya sangat berbangga bila Pemerintah memperhatikan keberadaan objek wisata tersebut. Sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

“Tentunya kami sangat bersyukur bila Pemerintah membantu supaya Situ Sanghiang lebih ditata dengan baik, akses jalan dan bangunan tentunya lebih indah,” tegasnya.

Situ Sanghiang, lanjut Ikbal, memang menyimpan sebuah cerita legenda. Menurut para orang tua, dulu danau ini merupakan sebuah kerajaan karena adanya sebuah yang dilanggar oleh raja maka berubah menjadi sumber mata air.

“Ceritanya memang panjang, intinya Situ Sanghiang ini sebuah kerajaan, dan bekas-bekas kerajaanya masih ada di dalam danau,” tuturnya.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds