PLN Rayoon Pangandaran Ungkap Sebab Tak Rasakan Dampak Signifikan Pemadaman Listrik

Listrik padam di Jakarta, Banten,  dan Jawa Barat (ist)

Listrik padam di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (ist)

POJOKJABAR.com, PANGANDARAN– Tidak dirasakan dampak signifikan bagi Kabupaten Pangandaran akibat pemadaman listrik yang terjadi secara masal di Pulau Jawa dan Bali.

Manager PLN Rayoon Pangandaran, Alif Aji Suseno menegaskan bahwa di Pangandaran haya beberapa desa saja yang mengalami pemadaman.

“Paling yang terjadi pemadaman itu sebagian wilayah Kecamatan Langkaplancar karena jalurnya masuk unit Banjar,” tegas Alif, Senin (5/8).

Untuk wilayah Pangandaran, kata Alif, ada beberapa daerah yang memang padam. Namun itu bukan dampak dari pemadaman masal.

“Ada sih pengurangan tegangan di wilayah Kecamatan Padaherang, karena memang sedang perbaikan jalur. Tapi itu juga nggak lama,” imbuh Alif.

“Wilayah kecamatan lain, dari sejak kemarin tidak ada kendala apapun dalam pelayanan. Semuanya aman aman saja,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan di Pojokjabar,com, Tim Polda Jawa Tengah telah melakukan pemeriksaan di tower transmisi, Desa Malom, Gunung Pati, Semarang.

Sedangkan Polri masih melakukan pendalaman terkait insiden pemadaman listrik (blackout) yang melanda Jabotabek hingga Jawa Barat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dari temuan awal, diduga insiden ini diakibatkan oleh pohon yang tingginya melebihi Right of Way (ROW).

ROW ini merupakan ruang bebas di sekitar pembangkit listrik tegangan tinggi. Ruang ini harus steril dari benda-benda asing yang tidak masuk dalam komponen pembangkitan.

“Kerusakan, diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas ROW. Sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik,” ujar Dedi di Mabes Polri Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Dengan demikian, Dedi menyebut, dugaan awal kebakaran ini karena faktor alam. Belum ditemukan faktor human error atau unsur sabotase seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.

Listrik padam di Jakarta dan Jawa Barat (ist)

Listrik padam di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (ist)

 

 

“Tapi, hasilnya menunggu investigasi tim pusat (gabungan Bareskrim dan PLN) melakukan pengecekan di lapangan,” tambah Dedi.

Selain itu, lanjut Dedi, petugas Polda Jawa Tengah juga telah memintai keterangan beberapa petugas PLN di lokasi kejadian. Namun, hasil wawancara ini tidak untuk konsumsi publik.

“Sudah melalukan wawancara terhadap empat petugas PLN di lapangan yang mengawasi dan mengendalikan jaringan tersebut,” pungkasnya.

Listrik padam di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (ist)

Listrik padam di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (ist)

 

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds