Setelah Lounching Gema Macaku, Bupati Majalengka Menantang Gagasan Selanjutnya

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi membaca buku saat lounching Gema Macaku. Ian/pojokjabar

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi membaca buku saat lounching Gema Macaku. Ian/pojokjabar


POJOKJABAR.com, MAJALENGKA – Gerakan Masyarakat Majalengka Membaca Buku (Gema Macaku) baru saja selesai dilounching pada Jumat (21/6/2019) di alun-alun Majalengka. Bupati Karna Sobahi meresmikannya secara langsung. Bahkan, ia menantang ‎gagasan selanjutnya untuk tahun berikutnya. 

Tantangan positif itu dilancarkan untuk kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta para komunitas baca, taman-taman bacaan dan perpustakaan desa yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Gema Macaku ini program yang bagus. Saya dukung. Saya akan instruksikan kegiatan ini supaya rutin‎ ke dinas-dinas, lembaga pendidikan. Sekaligus saya tantang dan sambut baik gagasan berikutnya,” ujarnya, usai melounching Gema Macaku di Alun depan pendopo Majalengka, Jumat (21/6/2019).

Bupati Karna menambahkan program ini dinilai sangat baik untuk meningkatkan indeks dan minat membaca di Majalengka. Berdasarkan penelitian, indeks baca Majalengka ‎masih berada diangka 52 persen. Sementara untuk Jawa Barat sudah di angka 62 persen. 

‎”Konsistensi membaca melalui Gema Macaku ini harus terus dijalani. Sebagai perbandingan, minimal setiap hari harus dipaksa membaca buku satu atau dua halaman. Itu lebih baik daripada membaca satu buku sekali tamat, lantas tidak baca baca buku lagi,” ‎tandasnya. 

‎Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Majalengka Ade Saepudin, melalui Kabid Perpustakaan, Yeyet Aigah mengatakan ‎Gerakan Masyarakat Majalengka Membaca Buku (Gema macaku) ‎berdasarkan surat edaran bupati No. 114 tahun 2019 tentang Gema Macaku dan mulai dilounching Jumat 21 Juni 2019 di alun-Alun Majalengka.

“Responnya bagus, di sekolah-sekolah, di Taman-taman baca serta di dinas-dinas, hari ini mulai dari jam 08.00 hingga jam 10.00 WIB sudah banyak ribuan orang yang ‎serempak membaca buku,” ungkapnya. 

(ian/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds