Warga Tolak Gubernur Soal Tawaran Destinasi Wisata Waduk Darma

Objek wisata Waduk Darma. Ahmad/pojokjabar

Objek wisata Waduk Darma. Ahmad/pojokjabar

POJOKJABAR.com, KUNINGAN – Kalangan masyarakat Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan ini menolak terhadap program Gubernur Jawa Barat. Hal itu terutama dalam sektor perairan di waduk darma yang akan menjadi destinasi wisata sesuai janji Gubernur Ridwan Kamil.

“Kami atas nama warga dan petani ikan jaring apung, menolak terhadap agenda destinasi wisata di perairan waduk ini,” kata Adin Ketua RT 09, desa setempat.

Adin mengatakan, warga desanya itu menggantungkan nasibnya sebagai petsni budi daya ikan. Pasalnya, usaha ini sudah cukup lama dan turun menurun dari orang tua sebelumnya. “Untuk memnuhui hajat hidup, kami usaha sebagai pembudi daya ikan,” jelas Adin yang memiliki enam petak kolam jaring apung.

Disebutkan, jumlah petakan usaha ikan jaring apung di waduk darma, lanjut Adin menuturkan, dalam rapat terakhir bersama petugas BBWS ( Balai Besar Wilayah Sungai) Cisanggarung, ada sebanyak 4903 petak. “jumlah ribuan petsk itu dari sebanyak 50 orang yang punya,” jelas Adin.

Sekedar informasi, Waduk Darma sebagai lokasi Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata tersebut sebagai wujud kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menyambut program revitalisasi Waduk Darma untuk dijadikan objek wisata dengan destinasi terbaru bertaraf internasional oleh H.M. Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang sebelumnya pencangan Kawasan Waduk Darma sudah diresmikan oleh Gubernur pada peringatan Hari Air Sedunia ke-27 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Waduk Darma.

“Saat ini komunitas GODAY (Gowes Friday) sudah berkembang di 26 Kecamatan di Kuningan, dan salah satunya adalah Kecamatan Darma yang akan dilantik kepengurusan GODAY, lebih lanjut untuk kedepannya seluruh kecamatan di Kabupaten Kuningan terbebtuk kepengurusan GODAY ini. Dan saya yakin kedepannya olahraga sepeda ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata baru di Kabupaten Kuningan,” ujar Sekda.

Sambungnya rencana kedepan kita akan bersapari berolahraga sepeda setiap Jum’at ke seluruh kecamatan sekaligus melantik kepengurusan GODAY di setiap kecamatan sekaligus menjalin dan mempererat komunitas sepeda yang berada di Kabupaten Kuningan.

(amd/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds