Sepekan Pasca Lebaran, Sekitar 2.000 Pendaki Taklukan Gunung Ciremai

Pendaki saat di pos Palutungan. Ahmad/pojokjabar

Pendaki saat di pos Palutungan. Ahmad/pojokjabar

POJOKJABAR.com, KUNINGAN – Ketinggian gunung ciremai yang memiliki 3.078 meter diatas permukaan laut, memang menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, usai lebaran 1440 Hihriyah saat ini, berdasarkan data panitia pengelola pendaki gunung ciremai. Jalur palutungan ini mencatat sekira 2.000 orang datang dari berbagai daerah.

“Mereka datang tentu untuk mendaki gunung ciremai ini,” ungkap Udin salah seorang panitia yang bertigas di pos pendaftaran, Kampung Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Rabu (12/6/2019).

Kepada pendaki, kata petugas tadi, itu selalu diberikan saran dan aturan, demi keselamatan dan kenyamanan saat muncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Sebab, ketika tiket yang di hargakan sebesar Rp. 60 ribu, itu berikut pengawasan dari petugas atau panitia pengelola disini. “Untuk para petugas, kami sediakan tiap pos itu ada orang disana,” jelasnya.

Pesan atau persyaratan, kesehatan jasmani dan rohani itu paling penting. Sebab, dalam perjalanan mendaki gunung ciremai saat ini memiliki cuaca yang lumayan dingin. “Fisik dalam kesehatan serta kelengkapan logistik dan obat – obatan, harus terpenuhui,” tandas oetugas tadi.

Terpantau dilokasi, kalangan pendaki gunung terlihat sumringah. Terlebih, ketika ada perwakilan yang menghampiri pos tiket izin mendaki tersebut. “Iya mas, saya dari Bekasi mau mendaki gunung. Ini sebagai pengisi waktu dimasa libur saja,” terang Yanto, salah seorang pendaki diamini rombongannya.

Tidak hanya itu, hilir mudik pendaki juga terjadi hingga waktu malam tadi. “Kami naik mulai jam malam, dan semoga bisa melihat terbitnya cahaya matahari pagi nanti,” ungkap pendaki rombongan yanto tadi.

Berdasarkan data melalui titik pendakian ini melalui pos palutungan, cigowong, kuta, pangguyangan badak, arban, tanjkaan asoy, pasnggrahan, snagyang ropoh, gua walet, puncak.

(amd/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds