Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Bisa Dilintasi Pemudik

Terowongan Tol Cisumdawu di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan. Terowongan kembar ini direncanakan bisa dilalui saat musim mudik lebaran tahun ini. Radar Sumedang

Terowongan Tol Cisumdawu di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan. Terowongan kembar ini direncanakan bisa dilalui saat musim mudik lebaran tahun ini. Radar Sumedang


POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Proyek Tol Cisumdawu terus dikebut untuk menyelesaikan target terdekat, yakni bisa dilalui saat musim mudik lebaran 2019. Hal ini disampaikan Kasatker Tol Cisumdawu, Yusrizal Kurniawan, Kamis (25/4/19).

“Kita upayakan bisa dilalui saat arus mudik lebaran tahun ini,” katanya, di titik proyek Tunnel Tol Cisumdawu.

Ia menuturkan, ruas jalan tol yang bisa dilalui adalah di Seksi 2 fase 2, yakni Rancakalong-Pamulihan, dengan intercange wilayah Desa Citali Kecamatan Pamulihan.

Meskipun sedang tahap kontruksi, namun ruas jalan tersebut diperkirakan bisa dilalui saat musim lebaran. Titik lainnya, yakni menyambung dari jalan provinsi hingga Lingkar Sumedang.

“Panjang jalan yang bisa dilalui sekitar 5,5 kilo meter,” tuturnya.

Penggunaan jalan tol untuk jalur alternatif ini, kata dia, diharapkan bisa membantu mengurai kemacetan, terutama di ruas jalan Cadas Pangeran. Adapun terowongan kembar yang berada di wilayah Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan, sudah tembus dari kedua arah.

“Jadi nanti pemudik bisa melintasi terowongan kembar. Diharapkan cukup signifikan mengurai kemace tan di jalur Cadas Pangeran,” tuturnya.

Lebih jauh ia menuturkan, saat ini proses pengerjaan pengerjaan fase 1 (Pamulihan-Rancakalong) sudah selesai. Sementara fase 2 (Rancakalong-Sumedang Selatan) dan fase 3 (Tanjungsari-Rancakalong) sedang dalam tahap kontruksi.

Selain itu, kata dia, fase 2 dan fase 3, saat ini juga masih terkendala pembebasan lahan.

“Fase 2 kita targetkan rampung pada akhir 2019, jadi Rancakalong-Sumedang diharapkan bisa dilalui akhir 2019. Sementara fase 3 ditargetkan selesai akhir 2020,” tuturnya.

(RBD/gun/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds