Partisipasi Pemilu di Subang Capai 82,9 Persen

Ilustrasi pemilu. (jawapos.com)

Ilustrasi pemilu. (jawapos.com)

POJOKJABAR.com, SUBANG – Angka partisipasi (keterlibatan) masyarakat di Kabupaten Subang dalam menggunakan hak pilihnya serta kepedulian terhadap pemilu 2019, lebih meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya,yakni mencapai 82,9 persen.

“Sesuai pantauan kita, selama puncak kegiatan pungut hitung berlangsung, antusiasme masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya tinggi,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman, Jumat (19/4/19).

Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pemilu 2019 yang memilih calon legislatif, DPD serta presiden dan wakil presiden tersebut, diketahui angka partisipasinya berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Meskipun belum ada angka pasti berapa jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya dalam pemilu, dari pantauan kami keterlibatan masyarakat lebih meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya, yakni mencapai 82,9 persen, ” ungkapnya.

Menurut Suryaman, meningkatnya jumlah partisipasi masyarakat terhadap pemilu 2019, tidak terlepas dari berbagai informasi politik yang sangat tinggi di dalam masyarakat, sehingga memotivasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

“Tingginya berbagai informasi tentang politik di dalam masyarakat, baik yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu dan juga dari peserta pemilu itu sendiri menjadi salah satu motivasi pemilih menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data desk Pemilu 2019 Kabupaten Subang jumlah daftar pemilih di Kabupaten Subang sebanyak 1.149.540 orang, mereka memilih di 4.690 tempat pemungutan suara (TPS). Data KPUD Subang menunjukan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Rabu kemarin mencapai 82,9% dari target 77.5%.

“Alhamdulillah, dari data yang ada, angka partisipasi pemilih sampai 82,9%. ini melampaui target kita 77,5%.Meningkatanya angka partisipasi ini pun, Saya melihat ini efek dari Pilpres,” ungkapnya.

“Mengenai Soal perolehan suara sementara, kami masih menunggu C1. Dengan demikian, perolehan suara di Kabupaten Subang, belum diketahui pasti,” pungkasnya.

(RBD/anr/pojokjabar)

loading...

Feeds