Bahas Penanggulangan Banjir, Pemkab Subang Panggil BBWS

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUBANG – Bahas penanggulangan banjir di wilayah Subang, Pemkab Subang telah memanggil Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) guna membicarakan tentang penanganan Kali Ciasem. Ha ini dikatakan Bupati Subang, H. Rihimat.

“Kita (Pemkab Subang) tidak ingin jika musim hujan harus ‘mengirim indo mie lagi’ ke sana akibat adanya bencana. Kita juga memahami masyarakat butuh kerja kongkret dalam menanggulangan banjir akibat terjadi luapan air sungai, seperti banjit Ciasem kemarin,” ujar Ruhimat didampingi Wkilnya Agus Masykur kepada awak media, Kamis (11/4/19).

Ruhimat menyebutkan Pemkab Subang telah memanggil BBWS untuk penanganan Sungai Ciasem, agar tidak terjadi lagi bencana (banjir).

“Kita berharap melalui pembahasan dengan pihak BBWS ini ada solusi tentang penangaan banjir. Kita gak ingin saat datang musim hujan, masyarakat kita dihantui rasa takut terjadinya banjir,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ruhimat menuturkan, perlu penanganan serius dalam mengantisipasi bencana banjir di masa mendatang.

Upaya itu pihaknya telah mengunjungi lokasi banjir bersama pihak terkait diantara Dinas pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Subang ke lokasi di Ciasem dan daerah lainnya.

“Karena, dari pemantauan di wilayah sekitar lokasi benjir, Sungai Ciasem ini telahbmengalami pendangkalan. Mau tidak mau langkah awal kita adalah harus dilakukan pengerukan,” katanya.

“Selain itu kita merencanakan membuat dam (bendungan) dan melakukan upaya normalisasi Sungai. Termasuk yang di wilayah Pamanukan,dan daerah lainnya,” sambungnya.

Mengenai target waktu yang akan dilakukan kata Bupati pihaknya juga akan melihat situasi dan kondisi.

“Ya paling tidak memasuki bulan kemarau supaya pekerjaannya bagus,” pugkasnya.

(RBD/anr/pojokjabar)

loading...

Feeds