Amblas, Jalur Penghubung Sumedang-Indramayu-Subang di Desa Gendereh Nyaris Putus

Jalur Sumedang-Indramayu-Subang di blok Cinambo Desa Gendereh Kecamatan Buahdua nyaris putus akibat ambles. Radar Sumedang

Jalur Sumedang-Indramayu-Subang di blok Cinambo Desa Gendereh Kecamatan Buahdua nyaris putus akibat ambles. Radar Sumedang

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Tingginya curah hujan mengakibatkan jalur penghubung antara Sumedang menuju Indramayu dan Subang, tepatnya di blok Cinambo Desa Gendereh Kecamatan Buahdua semakin rusak parah. Saat ini ruas jalan kabupaten tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil saja.

Sebelumnya, ruas jalan alternatif tersebut mengalami ambles, akibat bahu jalan mengalami longsor. Saat ini amblasnya jalan mencapai kedalaman 4 meter dan panjang 10 meter.

“Akibat amblasnya jalan ini aktivitas warga terganggu, terhambat,” kata Camat Buahdua, Tono Suhartono, Jumat (5/4/19).

Agar bisa dilalui kendaraan kecil, warga berinisiatif membuat jalan darurat di bahu jalan yang amblas. Kini jalur tersebut hanya bisa dilintasi kendaraan roda 2 dan roda 4 saja. Sementara kendaraan besar tidak dilarang melintasi jalur tersebut.

“Tapi kalau tidak segera diperbaiki percuma, sebab pasti kalau hujan besar akan longsor lagi,” katanya.

Dikatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk perbaikan 6 titik di ruas jalur Buadua-Sanca (Indramayu). Saat ini prosesnya sedang memasuki tahap lelang. Camat menuturkan, ruas jalan tersebut kerap terjadi longsor.

Dikatakan, rusaknya jalan selain karena curah hujan yang tinggi, juga akibat banyaknya truk pengangkut pasir dan batu yang melintas. Dalam sehari, kata dia, ada sekitar 100 truk yang melalui ruas jalan tersebut.

“Idealnya memang dibuat jembatan saja,” ucapnya.

Selain itu, perawatan jalan juga menjadi penyebab jalan rusak. Ia mengungkapkan, sudah 15 tahun ruas jalan tersebut tidak pernah diperbaiki.

“Saya berharap status jalan ini ditingkatkan jadi jalan milik Provinsi, sebab jalan ini menghubungkan antar kabupaten,” ucapnya.

(RBD/gun/pojokjabar)

loading...

Feeds