315 Hektare Sawah di Pusakajaya Kabupaten Subang Diserang Hama Tikus

Ilustrasi Hama Tikus.

Ilustrasi Hama Tikus.

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, SUBANG – Hama tikus mulai menyerang sawah petani di Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang. Petani pun mulai khawatir serangan hama hewan pengerat tersebut semakin merajalela.

Serangan hama tikus memang masih bersifat spot-spot.Namun, tidak menutup kemungkinan serangan hama tikus ini akan semakin marak. Petani dan aparat pertanian pun terus berusaha melakukan berbagai upaya agar tidak menyebar ke areal lainnya.

“Sudah tiga pekan ini ada serangan hama tikus. Memang masih belum terlalu luas, hanya sekitar 315 hektare dari luas keseluruhan tanam 3,759 hektare,“ kata Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian, Surni, Selasa (26/2).

Menurut Surni, luas baku sawah di Kecamatan Pusakajaya mencapai 3.907 hektare, belum tanam seluas 150 hektare. “Karena memang tanam tidak serentak. Ini biasa membuat serangan lebih masif lagi,” ujarnya.

Dengan adanya serangan di pesawahan Desa Karanganyar 300 hektare dan Desa Kebondanas 15 hektare terhadap padi berumur 45-50 hari, sangat merugikan petani karena harus kembali diolah pada tanaman akibat serangan hama.

“Agar serangan tidak meluas, rencananya kita mengadakan gerakan geropyokan disetiap desa, memperbaiki sanitasi lingkungan serta pengendalian itu semua dilaksanakan 1 minggu 2 kali,“ ungkapnya.

Menangapi permasalahan yang dihadapi para petani tersebut, Bupati Subang pun mengutus Wakil Bupati, Agus Masykur untuk melihat dari dekat kondisi ini.

Di lokasi, Agus pun meminta para petani untuk tidak bosan memerangi seragan hama tikus dan hama lainnya. Persoalan inipun menjadi perhatian khusus dan akan dibahas dengan OPD terkait untuk penanganannya lebih lanjut.

“Pemkab Subang akan langsung bergerak menuntaskannya, tidak hanya ke areal yang sudah terdampak tetapi juga areal lainnya sehingga tidak menyebar ke tanaman padi yang masih sehat,” kata Agus.

Agus berharap, kegiatan gropyokan atau berburu tikus tersebut terus rutin dilakukan hingga benar-benar hama tikus punah.

(RBD/anr/pojokjabar)

loading...

Feeds