Akhir Maret, Surat Suara Mulai Didistribusikan ke Seluruh Wilayah Kabupaten Sumedang

Ribuan box surat suara Pemilu 2019 telah tiba di KPU Sumedang. Pendistribusian surat suara dilakukan bertahap. AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG

Ribuan box surat suara Pemilu 2019 telah tiba di KPU Sumedang. Pendistribusian surat suara dilakukan bertahap. AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Satu juta lebih surat suara Pemilu 2019 tiba di KPU Sumedang, Selasa (19/2/19). Surat suara tersebut dikirim dari Kudus Jawa Tengah menggunakan 2 truk kontainer.

Rencananya, akhir Maret 2019 akan didistribusikan. Surat suara tiba di KPU sekitar pukul 08.00, disaksikan oleh Komisioner Bawaslu Sumedang dan Kabag Ops Polres Sumedang.

“Awalnya dijadwalkan datang jam 05.00 pagi, namun dikarenakan berbagai hambatan dijalan mengakibatkan adanya sedikit keterlambatan,” kata Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi.

Ogi menuturkan, surat suara yang tiba meliputi surat suara Pilpres, dan surat suara DPR-RI. Dikatakan, pendistriusian surat suara dilakukan bertahap. Untuk surat suara DPRD Kabupaten, Provinsi, dan DPD segera menyusul.

Ogi pun menjamin surat suara aman dan steril dari tangan-tangan tidak bertanggungjawab. Terlebih sejak keberangkatan, hingga tiba di KPU, aparat kepolisian dan Bawaslu sudah disiagakan.

Adapun kata Ogi, pihaknya baru menerima sebanyak 2024 boks surat suara untuk Pilpres dan DPR RI Jabar IX (Sumedang-Majalengka-Subang).

“Untuk surat suara Pilpres, tiap satu boks ada 500 surat suara dengan jumlah 441 boks. Sedangkan untuk DPR RI terhitung ada 2000 lembar per satu boks dengan jumlah 1763 boks. Selanjutnya akan dikirim lagi secara bertahap, jadi ini belum selesai semuanya,” terang Ogi.

Ogi menambahkan, pihaknya tidak akan terlalu terburu-buru untuk mensortir surat suara. Lantaran dalam hal ini, pihaknya baru akan melakukan sortir jika sudah semua diterima.

Mengingat, seluruh surat suara tersebut akan didistribusikan ke seluruh wilayah Kabupaten Sumedang pada bulan Maret 2019 mendatang.

Ogi juga menjelaskan, jika sudah semua diterima, seluruh surat suara tersebut akan didistribusikan ke seluruh wilayah Kabupaten Sumedang pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun, surat suara akan dilipat terlebih dahulu.

“Kemungkinan di distribusikan pada akhir Maret. Nanti sebelumnya akan ada sortir dan lipat dulu di aula KPU Sumedang,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sumedang Haidar Utsman yang turut mengawal pengiriman surat suara menyarankan, agar KPU lebih memperhatikan lagi tempat penyimpanan logistik.

“Iya, bagaimana penyimpanan logistik ini memang sudah tercukupi. Tapi harus dipastikan lagi agar aman untuk penyimpanan surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Jadi KPU harus pastikan tempatnya cukup dan tidak berantakan,” tuturnya.

(RBD/gun/jim/pojokjabar)

loading...

Feeds