Saluran Air Tersumbat, 22 Rumah di Desa Cilembu Sumedang Langganan Kebanjiran

Koko Komarudin saat meninjau lokasi saluran air pembuangan yang tersumbat. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG

Koko Komarudin saat meninjau lokasi saluran air pembuangan yang tersumbat. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Tersumbatnya saluran air pembuangan di Perumahan Lembu Sari Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan mengakibatkan sebanyak 22 rumah kerap dilanda banjir.

Kepala Desa Cilembu Koko Komarudin mengatakan, setiap kali hujan, rumah tersebut menjadi langganan banjir akibat gorong-gorong atau saluran air tersumbat.

”Mereka (penghuni perumahan, red) kerap mengadu masalah ini kepada Kami, karena lokasi perumahan berada di wilayah Desa Cilembu,” ujarnya kepada Radar Sumedang (Pojoksatu.id Group) seusai meninjau lokasi rumah langganan banjir.

Koko menambahkan, saluran air yang dibangun oleh pengembang perumahan tepat dibawah rumah-rumah. Sehingga otomatis ketika hujan lebat air meluber.

”Pihak pengembang sudah tidak ada atau sudah bangkrut, sehingga sekarang yang bertanggung jawab pemerintah Desa,” ucapnya.

Koko menyebutkan, saluran air pembuangan yang kerap membanjiri rumah warga, akibat pengelolaan tata ruang yang kurang tepat. Meskipun demikian, pihaknya akan segera menindak lanjuti dan dimusyawarahkanbersama.

”Kita akan antisipasi, baik dengan membersihkan saluran air bahkan memperbaikinya,” ucapnya.

(RBD/tha/pojokjabar)

loading...

Feeds