Bahayakan Pengguna Jalan, Pohon Keropos di Pinggir Jalan Raya Ir. Soekarno Jatinangor Ditebang

TEBANG POHON: Unsur polisi dan TNI saat mengawasi penebangan pohon keropos di pinggir jalan raya. Toha Hamdani/Radar Sumedang.

TEBANG POHON: Unsur polisi dan TNI saat mengawasi penebangan pohon keropos di pinggir jalan raya. Toha Hamdani/Radar Sumedang.

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Pohon besar yang sudah keropos di sepanjang Jalan Ir. Soekarno Jatinangor Km 23 tepatnya di Dusun Cikuda dan Dusun Margalaksana ditebang Pemerintah Desa Hegarmanah Jatinangor dibantu pihak kepolisian. Penebangan tersebut dilakukan karena khawatir menimpa pengendara kendaraan bermotor.

Mengingat, hujan disertai angin kencang kerap terjadi. Kepala Desa Hegarmanah, Dede Sumitra mengatakan, pohon yang sudah lapuk dan keropos. Dikhawatirkan pohon tumbang dan membahayakan pengguna jalan. Sehingga dilakukan penebangan.

”Sebanyak 3 pohon besar berhasil ditebang, pohonnya lumayan besar jadi harus menggunakan gergaji mesin. Agar tidak mengenai penggunaan jalan, polisi mengatur arus lalu-lintas dengan cara tutup buka,” ujar Dede kepada wartawan.

Dede menambahkan, upaya tersebut dilakukan, sebagai bentuk pencegahan dan mengantisipasi terjadinya bencana. Terutama memasuki musim penghujan karena pohon tumbang dan angin kencang bisa terjadi sewaktu waktu.

”Lebih baik ditebang sebelum roboh sendiri karena kemungkinannya cukup besar dan secara keseluruhan memang Pohonnya masih muda, jadi kami pilih pohon yang sudah dianggap tua dan rawan tumbang,” tandasnya.

loading...

Feeds