BMKG Beberkan Hasil Monitoring Gempa Tasik Magnitudo 4,8

 (ilustrasi)

(ilustrasi)

POJOKJABAR.com, TASIKMALAYA– Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Senin (7/1) diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 22:04:09 WIB dengan kekuatan Magnitudo 4.8 dengan koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT.

Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya, dengan kedalaman 21 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis II-III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa,” kata Joko dalam rilis yang diterima RMOLJabar (Pojokjabar.com group).

Dari hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga saat ini kata Joko, menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.

“Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” pungkasnya.

(yud/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds