Tekan Angka Curanmor, Kapolres Sumedang Menghimbau Pemilik Kosan Pasang CCTV

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Pemilik tempat kosan diharapkan melengkapi kos-kosannya dengan kamera pengawas atau CCTV. Himbauan tersebut disampaikan Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, untuk menekan angka pencurian kendaraan bermotor atau curanmor.

Kapolres menuturkan, angka kasus curanmor meningkat. Pada tahun 2017, ada sebanyak 151 kasus curanmor roda 2, sementara di tahun 2018 ada 220 kejadian.

Sedangkan curanmor roda 4, pada 2017 ada 38 kasus, sementara sepanjang 2018 ada 29 kasus. Ia menuturkan, pemasangan kamera pengawas bisa menekan angka curanmor.

”Untuk mencegah dan mempermudah pengungkapan, kita menghimbau kepada seluruh pengusaha kos-kosan agar memasang CCTV di kosannya masing-masing, manakala memang terjadi (curanmor),” katanya, belum lama ini.

Kapolres menuturkan, pihaknya akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk mendukung langkah tersebut. Ia meminta agar surat perizinan kos-kosan lebih diperketat. Ia mengimbau surat izin usaha kos-kosan agar jangan dikeluarkan sebelum persyaratan tersebut dipenuhi.

”Jadi tambahin sedikit lah persyaratannya tersebut untuk pembuatan kosannya, katanya lagi. Kapolres menyebutkan, langkah tersebut diambil sebagai upaya menekan angka kriminalitas. Pelaku kejahatan, juga biasanya berfikir ulang untuk melakukan aksinya, jika mengetahui sasarannya terpasang kamera pengawas. Untuk kepentingan bersama juga. Karena sangat minim di smd ini (yang pakai CCTV). Karena itu kami mengimbau kepada masyarakat dengan cara itu,” ujarnya.

Adapun wilayah yang paling banyak terdapat kos-kosan diantaranya wilayah Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, dan wilayah Sumedang kota.

(RBD/gun/pojokjabar)

loading...

Feeds