Angka Pengangguran di Sumedang Masih Tinggi, Pemda Siap Bersinergi dengan Swasta

Illustrasi

Illustrasi

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Tingkat pengangguran di Sumedang terbilang tinggi, yakni mencapai 8 persen atau sekira 43 ribu orang.

Pemkab sendiri pun saat ini belum bisa berbuat banyak, meski dalam hal ini, Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada dibawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) tidak tinggal diam.

Kepala Disnakertrans, Didik Sadikin mengatakan, melalui sebuah forum komunikasi pemerintah daerah dan dunia usaha, pihaknya akan bersinergi dengan perusahaan lainnya untuk mengatasi permasalahan tenaga kerja.

“Tentunya kita menyiapkan tenaga kerja terlatih melalui LPK dan BLK, jadi harapannya dunia usaha bisa menyerapnya, Itu untuk yang kompetensi. Untuk yang berbasis wirausaha, diharapkan dunia usaha bisa mendorong mereka melalui dana CSR untuk membantu terutama kepada siswa hasil pelatihan yang mau berwirausaha,” kata Dikdik, saat melakukan pertemuan di dengan sejumlah pengusaha di Cimanggung, Kamis, (8/11/18).

Menurut Dikdik, melalui pelatihan tenaga kerja kedepan, diharapkan dapat mengatasi masalah pengangguran di Kabupaten Sumedang. Mengingat, selama ini penerimaan kerja selalu untuk yang berpengalaman.

“Oleh karena itu, kami mencoba siapkan tenaga kerja terlatih sehingga dunia usaha dapat menyerapnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, salah satu program Pemkab Sumedang dalam masa kepemimpinannya yakni, mengurangi angka pengangguran.

Oleh sebab itu, antara pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang dan perusahaan industri berkomitmen memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumedang.

“Kami berharap, komitmen ini mampu mengurangi angka pengangguran di Sumedang yang mencapai 43.000 orang. Doakan mudah-mudahan program ini bisa bermanfaat bagi pencari kerja,” tandas Dony.

(RBD/jim/pojokjabar)

loading...

Feeds

Lomba PMR yang diselenggarakan di SMPN 21  Bekasi. (ist)

SMPN 21 Bekasi Gelar Kibar ke-IX

PALANG Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 21 Kota Bekasi gelar kibar aksi persahabatan dalam lomba sepulau Jawa-Lampung. Perlombaan yang terselenggara …