2.000 Personel Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten Subang Siap Kawal Pemilu 2019

Ilustrasi Pemilihan Umum 2019

Ilustrasi Pemilihan Umum 2019

POJOKJABAR.com, SUBANG – Kurang lebih 2.000 personil gabungan TNI/ Polri dan Satpol PP Kabupaten Subang bakal mengawal pelaksanaan Pemilu serentak 2019 mendatang.

Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni mengatakan, personil tersebut akan mengawal proses pelaksanaan Pemilu mulai dari masa kampanye hingga perhitungan perolehan suara April 2019.

“Dari TNI/Polri kurang lebih 2.000 an, nanti pas pelaksanannya akan dibantu Linmas. Jadi nanti setiap TPS ada Linmas, Polisi dan TNI,” kata Joni.

Joni menyebut, ada dua potensi masalah dalam Pemilu nanti, yakni ranah Pidana atau pelanggaran pemilu yang akan ditangani Gakumdu.

“Manakala pelanggarannnya itu masuk ranah pidana maka nanti akan ditangani polisi, kemudian Kejaksaan dan Pengadilan Negeri. Tapi manakala pelanggaranya Pemilu, ya nanti Gakumdu akan mengusut masalah ini,” paparnya.

Untuk menghadirkan suasana damai dan kondusif, Jajaran Kepolisian tidak saja mengawasi di darat, namun akan memantau prilaku pengguna social media.

“Kita juga siapkan tim siber untuk mengawasi di sosial media. Jika sudah mengarah kepada hal-hal yang tidak baik, ya kita akan lakukan tindakan,” jelas Joni.

Sementara itu, Ketua KPU Subang, Maman Suparman menambahkan, masa kampanye dimulai pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Dia mengajak, seluruh kontestan dan tim sukses menghadirkan suasana sejuk dan aman selama proses pelaksanaan Pemilu.

“Perbedaan bukan berarti merusak persuadaraan. Demokrasi bukan berarti bebas kebablasan. Mari kita rayakan pesta demokrasi ini dengan penuh persaudaraan, denngan nuansa aman, nyaman dan kondusif,” tutup Maman.

(RBD/anr/pojokjabar)

loading...

Feeds