Ratusan Makam Terdampak Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Mulai Dipindahkan

Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Ratusan makam terdampak jalan Tol Cisumdawu di TPU Panyirapan Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara mulai dipindahkan pemilik ahli waris.

Pemindahan makam sudah dilakukan sejak seminggu lalu. Pemindahan makam dilakukan sebab lokasi tersebut akan segera dilakukan pembangunan proyek tol.

Kaur Pelayanan Desa Mekarjaya, Abdul Rouf mengatakan, sedikitnya ada sekitar 700 makam di TPU tersebut. Makam-makam tersebut bukan hanya milik warga masyarakat Desa Mekarjaya, namun ada juga pemilik dari luar desa.

“TPU Panyiarapan memang akan terkena Jalan Tol Cisumdawu, jadi keluarga pemilik makam harus segera memindahkanya,” katanya, Senin (17/9/18).

Meski harus segera dipindahkan, namun Abdul mengatakan proses ganti rugi belum tuntas. Untuk menampung makam yang berasal dari TPU Panyirapan pihak desa telah menyiapkannya lahan di Blok Sayuran dengan luas kurang lebih 100 tumbak. Lahan tersebut merupakan hasil wakaf.

“Sampai saat ini proses ganti rugi belum dibayarkan,” ucapnya.

Meski demikian, menurut Abdul, tanah wakaf seluas itu tidakn akan mampu menampung ratusan makam yang dipindahkan. Oleh karena itu, kedepan pihak desa akan mengusahakan lahan baru untuk pemakaman tersebut.

“Ya setidaknya ketika lahan TPU di Panyirapan yang terkena jalan tol telah dibayar, maka nantinya akan dibelikan lagi ke lahan yang akan digunakan kembali untuk pemakaman,” tuturnya.

Sejauh ini lanjut Abdul, dari sekitar 700 makam yang ada di TPU Panyirapan , sekitar 50% sudah dipindahkan, baik ke TPU yang baru maupun ke lahan milik keluarga ahli waris.

“Untuk proses pemindahan makam biaya ditanggung masing-masing keluarga atau ahli waris. Tapi nantinya setiap makam akan mendapatkan ganti rugi,” ujarnya.

(RBD/gun/pojokjabar)


loading...

Feeds