Mudik Lebaran, Dinkes Sumedang Siapkan 10 Posko Kesehatan

Ilustrasi

Ilustrasi

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Dinas Kesehatan Sumedang menyiapkan 10 posko kesehatan pada musim mudik lebaran tahun ini. 10 posko tersebut tersebar di Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Pamulihan, Binokasih, Taman Telor, Cimalaka, Cijelag, Situraja, dan Lingkar Darmaraja.

“Selain posko tersebut, 35 puskesmas yang di Sumedang juga siap melakukan pelayanan selama 24 jam, walaupun tidak rutin, namun jika ada kejadian yang perlu penanganan luar biasa puskesmas akan sigap menindaklanjuti,” kata Kadis Kesehatan Sumedang, Retno Ernawati, belum lama ini.

Dikatakan Retno, pos kesehatan akan tetap siaga selama 24 jam. Selain petugas medis, Dinkes juga menyiapkan satu unit ambulan di setiap posko.

“Kita bagi jadi 3 sheep, setiap pos disiagakan 2 paramedis dan 1 sopir ambulan,” ujarnya.

Pada musil mudik tahun ini, Dinkes mensiagakan ratusan tenaga. Diantaranya 53 dokter, 349 perawat, 603 bidan, 35 tenaga farmasi, 330 tenaga gizi.

“Kita juga koordinasi dengan pihak polres, jadi tidak perlu membuat tendan, hanya menyiapkan tenaga medis dan ambulan saja. Sebab setiap pos jarak ke puskesma itu dekat,” ujarnya.

Pada tahun sebelumnya, kata Retno, pihaknya sedikit terkendala alur rujukan, akibat terbatasnya unit ambulan di puskesmas. Namun saat ini semua puskesmas di pastikan punya fasilitas ambulan.

“Selain siaga di pos-pos jalur mudik tim kami juga akan mobile, untuk mengantisipasi bila ada bencana longsor,” ucapnya.

(RBD/gun/pojokjabar)


loading...

Feeds

Libur Lebaran, TPS Liar Mulai Bermunculan di Bekasi

Pemkot Bekasi Tutup 88 TPS Liar

Sejak 2014, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menutup 88 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar dari 120 yang tersebar secara …