Lebaran, Stok Ikan di Kabupaten Subang Melimpah

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan di Pasar.

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan di Pasar.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUBANG – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang memastikan tidak akan kehabisan stok ikan selama Ramadan dan Lebaran 2018. Selain produksi ikan melimpah, ikan juga tidak begitu dicari untuk kebutuhan Lebaran.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Drs E Kusdinar. Dia mengatakan, berbagai jenis ikan mulai dari ikan tawar hingga ikan laut di Subang cukup melimpah.

“Kita sudah siap berbagai jenis ikan melimpah di Subang,” ungkap Kusdinar kepada Pasundan Ekspres.

Dia mengatakan, Subang tidak akan kehabisan stok ikan. Dalam sehari saja, hasil tangkapan ikan laut di Subang mencapai 20 ton. Dalam satu tahun lebih dari 60 ribu ton. Sementara produksi ikan air tawar seperti nilai dan emas mencapai 10 ribu ton per tahun. Belum termasuk benih ikan.

Produksi ikan yang melimpah ternyata belum sebanding dengan daya konsumsi ikan masyarakat. Rata-rata dalam satu tahun baru 38 kg per orang.

“Setiap tahunnya ada peningkatan, sekarang ratarata 38 kg per orang per tahun,” ujarnya.

Hasil ikan yang melimpah tersebut, tak hanya dikonsumsi oleh masyarakat Subang. Melainkan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Sebenarnya ikan-ikan dari kita bukan pasokan untuk Subang, sampai ke Jakarta, Karawang, Bekasi, Bandung dan daerah lainnya,” ujarnya.

(RBD/ysp/net/arh)


loading...

Feeds

Kajol Ajay

Nomor WA Kajol Disebar Sang Suami

AKTOR Ajay Devgn dilarang masuk ke rumah oleh istrinya sendiri, aktris, Kajol. Hal tersebut terjadi setelah Ajay mengusili istrinya tersebut …
politik-uang

514 Daerah Rawan Politik Uang

BAWASLU mencatat ada 514 kabupaten/kota di Indonesia yang rawan praktik politik uang dalam Pemilu 2019. Catatan tersebut hasil Indeks Kerawanan …