Operasi Ketupat Lodaya 2018, Sopir Bus dan Angkot di Terminal Ciakar Dites Urine

DIPERIKSA: Proses pemeriksaan urine para sopir angkutan umum dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2018. Agung Gunawan/Radar Sumedang

DIPERIKSA: Proses pemeriksaan urine para sopir angkutan umum dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2018. Agung Gunawan/Radar Sumedang

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Polres Sumedang bekerjasama dengan BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) Sumedang melakukan uji kesehatan kepada sejumlah sopir angkutan di Terminal Ciakar, Kamis (7/6).

Uji kesehatan meliputi tes urine serta tekanan darah. Selain tes kesehatan sopir, juga dilakukan pengecekan armada yang disiapkan untuk angkutan mudik.

“Kita lakukan secara acak kepada seratus orang sopir angkutan, baik bus antar kota antar provinsi, maupun angkutan umum,” kata Wakapolres Sumedang, Kompol Sigit Rahayudi, saat memimpin kegiatan.

Tes kesehatan sopir ini, kata Sigit, untuk mengetahui kondisi sopir, apakah dalam pengaruh obat-obatan terlarang atau miras. Sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pengecekan ini juga dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2018.

“Kita periksa apakah sopir mengkonsumsi narkotika. Sebab ini akan berdampak pada keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan adanya sopir angkutan yang mengkonsumsi narkotika maupun minuman keras. Pemeriksaan kesehatan menggunakan alat modern, di mana hasilnya bisa langsung diketahui dalam hitungan detik saja.

“Alhamdulilah semuanya negatif narkoba,” ujarnya.

Meski demikian, Sigit mengatakan, pemeriksaan tes urin ini akan dilakukan lagi. Namun untuk waktunya akan dilakukan secara mendadak. Jika ada sopir yang kedapatan dibawah pengaruh narkotika, pihaknya pasti akan melakukan tindakan tegas.

“Sudah pasti akan kami larang membawa kendaraan. Tak hanya itu, akan ada tindaklanjut hukuman mengacu pada Undang-undang Narkotika yang berlaku. Selain kita lakukan prefentiv, jika ditemukan kita juga lakukan tindakan presentif” ucapnya.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan kelayakan kendaraan, seperti rem, lampu dan klakson, kendaraan dalam kondisi yang layak.

(RBD/gun/pojokjabar)


loading...

Feeds

politik-uang

514 Daerah Rawan Politik Uang

BAWASLU mencatat ada 514 kabupaten/kota di Indonesia yang rawan praktik politik uang dalam Pemilu 2019. Catatan tersebut hasil Indeks Kerawanan …