Polres Sumedang Amankan Ribuan Botol Miras Oplosan

OPLOSAN: Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, beserta jajaran, saat menunjukan barang bukti ribuan miras berbagai jenis, di Mako Polres Sumedang, Kamis (12/4/18). AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG

OPLOSAN: Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, beserta jajaran, saat menunjukan barang bukti ribuan miras berbagai jenis, di Mako Polres Sumedang, Kamis (12/4/18). AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG


POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Polres Sumedang mengamankan ribuan liter miras oplosan dari sejumlah wilayah di Sumedang. Selain miras oplosan, polisi juga mengamankan ribuan miras berbagai merk.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata mengatakan, miras yang diamankan adalah hasil dari operasi pekat sejak sepekan terakhir.

“Miras ini kami hasil operasi pekat terkait adanya kejadian luar biasa di Kabupaten Bandung, yang mengakibatkan puluhan orang tewas akibat miras oplosan,” katanya kepada wartawan, Kamis (12/4/18).

Operasi ini, kata dia, terkait kejadian luar biasa di Cicalengka, Kabupaten Bandung. 2.480 botol miras berbagai jenis, dan 1.607 liter tuak.

“Miras oplosan ini terbuat dari tiner, extrajos, larutan ginseng, dan alkohol 70 persen. Ini bisa berakibat pemuluh darah pecah,” katanya lagi.

Ia menyebutkan, ribuan miras ini banyak beredar di wilayah CImanggung, Tanjungsari, Jatinangor, Sumedang Utara, Cimalaka, dan Conggeang. Merk miras yang diamankan diantaranya Mc. Donald, Ice Land, Bir Putih, Bir Hitam, serta minuman tuak dari Jawa Tengah. Tak hanya mengamankan barang bukti miras, polisi juga mengamankan 10 pelaku penjual minuman terlarang tersebut.

“Kita sudah lakukan tindakan kepada 10 orang penjual miras, kita sudah lakukan pemeriksaan. Atas perbuatnnya itu mereka dianggap melanggar Undang-undang Kesehatan dan Undang-undang Pangan, dengan ancaman pidana 6 tahun penjara,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, razia akan terus digencarkan. Terutama saat bulan puasa. Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi miras.

(RBD/gun/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds