Panen Raya di Kabupaten Subang Baru 40 Persen

Ilustrasi Panen Raya.

Ilustrasi Panen Raya.

POJOKJABAR.com, SUBANG – Sejak Maret lalu, para petani di wilayah Kecamatan Binong mulai melakukan panen raya. PPL BPP Binong, Tasra mengatakan, saat ini sudah sekitar 40 persen panen dilakukan di wilayahnya.

Dari jumlah itu, hanya ada 3 varietas padi yang dominan dipanen, yaitu ketan, IR42, dan Ciherang. “Kalau dirata-rata 1 hektare bisa memanen 7-8 ton per hektarenya,” kata Tasra.

Saat ini, kata Tasra, desa di Kecamatan Binong yang sudah dan sedang panen diantaranya, Cicadas, Nanggeran, Karangwangi, Binong, Karangsari, Khiyang, serta Citra. Namun dari jumlah itu yang sudah habis panen, yaitu Desa Nanggeran serta Cicadas.

“Tapi Cicadas juga masih menyisakan sekitar 20 hektare lagi,” kata Tasra. Di kesempatan yang sama, PPL BPP Binong, Asep Septian menambahkan, panen raya di Kecamatan Binong diprediksi akan berjalan sampai akhir bulan (April) ini.

Sebab, dengan masa tanam yang berbeda dengan selisih sekitar 1 sampai 2 minggu, Mulyasari serta Kediri merupakan desa yang akan panen paling akhir. “Mulyasari sama Kediri masih utuh ya,” timpal Tasra.

Ketika ditanya mengenai fluktuasi harga gabah yang sedang turun, keduanya membenarkan. Tasra berujar saat ini harga gabah varietas Ciherang sebesar Rp470.000 per kwintal. Sedangkan untuk IR42 dan ketan masing-masing ada di harga Rp650.00 dan Rp385.000 per kwintal.

loading...

Feeds